X

Follow Me!

Show your Support. Become a FAN!

Contact Us


Jual Air isi ulang pegunungan

 

Apakah perbedaan sumber air minum air sumur, dan air isi ulang pegunungan?


Tanya:
 Saat ini saya sedang mengandung anak pertama, dengan usia kandungan lima bulan. Terus terang saya lebih banyak mengonsumsi minuman manis dibandingkan air putih karena air putih di rumah saya yang berasal dari sumur pompa tidak enak. Tapi kebiasaan tersebut akan segera saya ganti dengan berlangganan air kemasan gallon. Pertanyaan saya, dapatkah ibu menjelaskan tentang perbedaan sumber air minum, air sumur, air isi ulang pegunungan. Manakah yang terbaik untuk saya dan bayi saya?
Citrawati – Cilegon
Jawab:
Air yang di ambil dari sumur di sekitar kita, kurang terjamin higienisnya. Hal ini disebabkan letak sumur yang kadang-kadang terlalu dekat dengan sumber pencemaraan seperti septic tank, buangan limbah, dan sebagainya. Sehingga air sumur kita ada kemungkinan tercemar.
Sementara itu sumber air dari pegunungan (Ibu Citra,yang saya maksud air pegunungan adalah mata air tertekan artesisyang berasal dari air tanah dalam, bukan air permukaan di kawasan pegunungan) pada umumnya memiliki kualitas yang baik, yaitu mengandung mineral-mineral yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan dan tidak mengandung unsur-unsur pencemaran yang dapat mengganggu kesehatan. Bantuan akuifer pegunungan pada umumnya disusun oleh mineral-mineral yang memberikan unsur-unsur kimia air tanah yang diperlukan oleh manusia termasuk ibu dan bayinya. Sumber air pegunungan juga biasanya jauh dari sumber pencemaran.
Berkenaan dengan air minum isi ulang dalam kemasan, jika sumber airnya berasal dari sumber air pegunungan seperti saya jelaskan di atas maka kualitas air tersebut tidak perlu diragukan lagi. Namun hal yang perlu diwaspadai pada air isi ulang, adalah bagaimana cara pemprosesan dan pengemasannya. Air isi ulang mestinya diproses dengan metode yang higienis dan tidak mengancam kesehatan orang yang mengonsumsinya.
Jadi perhatikan hal-hal berikut pada saat memilih air minum isi ulang dalam kemasan: periksadari mana sumber air nya karena sumber air tersebut harus bebas dari pencemaran, terjaga secara kualitas (memenuhi parameter fisik, kimiawi dan biologis), kualitas dan kesinambungannya; serta proses penyaluran dari sumber air hingga pengemasan harus sangat higienis bahkan tidak terjamah tangan manusia untuk meniadakan kontaminasi.


Tidak ada komentar:
Write komentar

Lokasi strategis, tetapi mobil tankinya bikin rusak jalan didepan lokasi depotnya. Tolong pengelola bisa lebih bertangungjawab.


Iwan Kristiono

Local Guide - Tingkat 6