Jual mesin depot air minum isi ulang

 

Memiliki akses ke air minum secara rutin adalah kebutuhan semua orang. Peluang bisnis air minum isi ulang adalah jenis usaha yang cocok untuk dibangun di dekat area pemukiman, dimana kebutuhan akan air minum setiap hari sangat penting. Harga air minum isi ulang dalam galon jauh lebih murah daripada air kemasan galon yang baru dibeli di toko, dan lebih praktis daripada merebus air setiap hari. Walau memerlukan modal yang agak besar, bisnis ini bisa dijadikan alternatif untuk usaha baru yang potensial.

Modal Peluang Bisnis Air Isi Ulang

Bisnis air minum isi ulang memerlukan modal yang agak besar karena ada alat yang harus dibeli, dan lebih besar lagi jika Anda menyewa tempat sendiri dan membayar pegawai serta membeli motor untuk layanan pengantaran galon air. Berikut perkiraan biaya untuk memulai peluang bisnis air isi ulang jika Anda menyewa tempat sendiri:
  • Biaya tempat (tidak terlalu besar): 15 juta.
  • Peralatan pengisian dan penjernihan air minum isi ulang: 25 juta.
  • Perabot, perlengkapan kantor dan motor inventaris: 8 juta.
  • Biaya ekstra: 2 juta.
  • Motor secondhand untuk layanan antar: 10 juta.
  • Jumlah modal: 60 juta rupiah.

Anggap harga per galon air adalah 5 ribu rupiah, dan dalam sebulan Anda menjual 2500 galon, maka omset kotor per bulan adalah 12.5 juta rupiah. Biaya operasional per bulan seperti alat tulis kantor, tisu, tutup galon, biaya promosi seperti kartu nama, biaya listrik dan telepon serta gaji 2 karyawan untuk jasa antar dan pembukuan (masing-masing 1.5 juta rupiah) sekitar 7-8 juta rupiah per bulan untuk usaha baru. Jadi, omset bersihnya bisa sekitar 4-5 juta rupiah, dan Anda bisa balik modal dalam waktu sekitar 15 bulan. Keuntungan Anda pun akan makin berlipat jika dalam sebulan Anda bisa menambah jumlah galon yang dijual, serta telah berhasil balik modal.
Jika Anda ingin memulai bisnis dengan produk yang pasti laris, bisnis air minum isi ulang adalah peluang yang tak boleh dilewatkan.

Tips Mengembangkan Usaha Air Minum Isi Ulang

Konsumen air minum kemasan baik yang baru maupun isi ulang mementingkan 2 hal: kebersihan dan ketepatan waktu pelayanan jika itu untuk layanan antar. Bangunlah reputasi terlebih dahulu dengan selalu menjaga kebersihan air minum dan galon serta tempat usaha Anda; jika Anda bersusah payah mempertahankan kualitas ini, nama Anda akan lebih dikenal dan direkomendasikan oleh lebih banyak pelanggan di masa depan. Selain itu, pastikan Anda mempertahankan ketepatan waktu dalam jadwal antaran pesanan; jika prospeknya bagus, coba mulai dengan 2 sepeda motor dan 2 pegawai jasa antar, bukan hanya 1.
Lakukan promosi Anda dengan gencar; bagikan brosur ke berbagai daerah pemukiman terutama yang banyak rumah kosnya. Fokuslah pada daerah-daerah yang bisa dijangkau dengan cepat, dan buat daftar pelanggan tetap yang pelayanannya harus Anda prioritaskan agar tidak kebingungan mengatur arus pesanan dan hantaran. Berikan juga bonus khusus, misalnya bonus segalon air setelah 10 kali pemesanan, atau diskon khusus untuk hantaran berjumlah besar. Hal ini untuk membedakan usaha air minum isi ulang Anda dengan tempat lain.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Lokasi strategis, tetapi mobil tankinya bikin rusak jalan didepan lokasi depotnya. Tolong pengelola bisa lebih bertangungjawab.


Iwan Kristiono

Local Guide - Tingkat 6