Distribusi Air Dengan Berbagai Kapasitas Truk Tangki

 

Supplierairbersih.com - Sekarang ini, kalau anda berkendaraan memasuki tol jagorawi (Jakarta Bogor dan Ciawi), sebuah fenomena baru tengah terjadi tentang air. Coba buktikan: hentikan mobil anda di pinggir jalan, duduklah barang sebentar, mungkin lima atau sepuluh menit. Tengoklah di kanan atau kiri anda, ada berapa mobil tangki berukuran 8000 liter, hilir mudik mengangkut air.

Dari mana air itu ditimba? Ya, air itu adalah air bersih dari Puncak Gunung Gede Pangrango. Truk-truk itu bertuliskan: "Air minum dari mata air Gunung Salak, ada juga dituliskan: Air dari Gunung Gede Pangrango, atau bertuliskan Air dari Cijeruk, Sukabumi.

Fenomena ini merupakan bukti paling aktual tentang kondisi Jakarta yang sangat tergantung pada air dari gunung yang berada di propinsi tetangganya. Bukan itu saja, air kemasan dengan mereka ternama yang dipaket dari kaki Taman Nasional Gunung Gede Pangrango telah mengalir sampai jauh, bukan saja ke Jakarta, tetapi ke pelosok-pelosok tanah air, dari Aceh (di bagian Barat) hingg Papua di Bagian Timur. Air tersebut juga dijumpai di Singapura hingga Saudi Arabia.

Mengapa orang-orang di Jakarta sekarang beralih ke air pegunungan? Kondisi lingkungan dan air tanah yang tercemar merupakan penyebabnya. "Air tanah dan sumur di Jakarta, tidak nyaman lagi dikerongkongan, kata Aminuddin yang tinggal di bilangan Jakarta Timur. Kini sejumlah keluarga kelas menengah di Jakarta, mulai menggantungkan air bersih untuk minum dan memasak dari air pegunungan.

Lagi pula. keadaan populasi yang terus bertambah padat, tercemarnya tanah, tidak banyak lagi ruang terbuka, mengakibatkan air tanah di Jakarta sulit kembali menjadi normal. Banyaknya bangunan mengakibatkan resapan air tanah malah menghilang terbawa ke laut. Akibatnya, air tanah semakin langka dan kota Jakarta menjadi rentan kekeringan.

Musim kemarau tahun 2004, misalnya, harian Kompas ( 4/9) melaporkan, sebagian besar wilayah Jakarta mengalami kekeringan air tanah dangkal. Dicatat dari 267 kelurahan di Jakarta, 24 kelurahan mengalami kekeringan air tanah dangkal sangat kritis, 110 kelurahan masuk dalam kategori kritis. Laporan empat tahun lalu tersebut juga mengutip Dinas Pertambangan DKI Jakarta beberapa kecamatan di Jakarta mengalami krisis air dengan indikasi kedalaman air yang bertambah turun. Kawasan

yang masuk kategori sangat kritis yaitu yang memiliki kedalaman muka air tanah lebih dari 18 meter. Kawasan ini termasuk Kecamatan Cempaka Putih, Johar Baru, Senen, Menteng (Jakarta Pusat); Kembangan Kebon Jeruk (Jakarta Barat); Setiabudi, Kebayoran Lama, Tebet, Pasar Minggu, Jagakarsa (Jakarta Selatan); dan Pulo Gadung, Duren Sawit, Makassar, Cipayung, Ciracas, Pasar Rebo (Jakarta Timur).

Selebihnya, rupanya hampir seluruh kawasan Jakarta dimasukkan dalam zona kritis yang memiliki kedalaman muka air tanah antara 12-18 meter. Kawasan ini termasuk, Menteng, Tanah Abang, Senen, Johar Baru, Cempaka Putih (Jakpus); Kalideres, Cengkareng, Kebon Jeruk (Jakbar); Pesanggrahan, Kebayoran Lama, Setiabudi, Tebet, Cilandak, Kebayoran Baru, Mampang Prapatan, Pasar Minggu, Pancoran, Jagakarsa (Jaksel); dan Pulo Gadung, Cakung, Jatinegara, Ciracas, Duren Sawit, Makassar, Matraman, Cipayung, Pasar Rebo, Kramat Jati (Jaktim). Maka tidak heran, di kawasan tersebut, bila terjadi tidak hujan dalam bebarapa minggu, sumur menjadi kering dan air tanah di kawasan ini menghilang.

Kondisi Air Sungai

Jangan mengharapkan lagi air yang mengalir dari Sungai yang sehat. Karena semua orang tahu, Sungai Ciliwung, Citarum yang mengairi waduk Jatiluhur, yang emudian

mengarah ke Kalimalang yang merupakan nadi gelontoran air dari Puncak Gunung Gede Pangrango, telah lama tercemar. Menyedihkan lagi, bukan hanya sungai di Pulau Jawa yang tercemar juga di daerah-daerah lainnya. Pencemaran air, merupakan kasus krusial di Jawa, 17 dari 62 Daerah Aliran Sungai (DAS) kritis berada di Jawa. Jawa menduduki peringkat pencemaran air tertinggi, yaitu 83% dari seluruh kasus pencemaran air di Indonesia.

Pada tahun 2005, KLH dalam Status Lingkungan Hidup Indonesia (SLHI) mencatat dari 30 sungai besar di Indonesia, kualitasnya menurun 50% tidak memenuhi standar kelas kualitas kelas I, artinya keadaan tingkatan ini, kualitas air tidak dapat dimanfaatkan untuk diminum.

Selain itu, dikarenakan tekanan penduduk perkotaan terutama di Pulau Jawa, kondisi air tanah mengalami eksploitasi yang berlebihan sejalan dangan buruknya sanitasi dan tata kota yang tidak teratur yang mengakibatkan air terkontaminasi dengan kuman tinja (faecal coli).

Kondisi ini pada ujungnya bisa mengakibatkan kawasan tersebut dapat menjadi rentan terhadap wabah diare. Kontaminasi ini diakibatkan oleh sumur yang berdekatan dengan septic tank, atau kawasan pinggiran sungai dan saluran air yang masih tidak tertata dan dijadikan tempat pembuangan tinja.

Lebih parah lagi, laporan SLHI 2005 mencatat, di kawasan industri di Kabupaten dan Kota Bandung, muka air tanah menurun drastis mencapai 40-80 m dibawah permukan tanah, kecenderungan ini semakin meningkat pada tahun-tahun berikutnya yang diakibatkan oleh bayaknya air yang disedot melaui sumur-sumur bor. Pertumbuhan industri dan kebutuhan perhotelan yang sangat massif memerlukan air dan apabila pemerintah daerah tidak menyediakan infrastruktur dan ketersediaan air yang memadai, maka air tanah adalah solusinya. Contohnya di Bandung, pada 2003 telah tercatat ada 2.258 sumur bor dan menyedot sebanyak 50,6 juta m3 air sedangkan pada tahun 2005 sedotan air meningkat menjadi 51,4 juta m, sama dengan 51,4 milyar liter air atau setara dengan 527 juta truk air berukuran 2000 liter.

Maka, adalah tidak aneh, jika saat ini, Jakarta, Bandung dan sekitarnya sangat memerlukan pasokan air bersih yang menyehatkan dari puncak gunung baik berasal dari Cianjur, Sukabumi dan Bogor.

Meskipun kebutuhan akan air bersih adalah salah satu kebutuhan utama warga Depok, kebutuhan ini sayangnya masih sering menemui hambatan atau kendala. Salah satunya adalah karena keterbatasan kemampuan PDAM dalam memenuhi kebutuhan air bersih, baik itu dari segi kuantitas maupun dari segi jangkauan pelayanan.
Hal ini dipertegas oleh berita dari Metro Sindonews, yang melaporkan bahwa dari total 2,1 juta penduduk Depok, hanya 16 persen saja yang memiliki akses air bersih, sementara sisanya masih menggunakan air tanah (4/82017). Dan untuk bisa meningkatkan persentase, dibutuhkan pembangunan infrastruktur yang tidak murah. Padahal, ada target capaian akses aman air minum dan sanitasi menjadi 100 persen berdasarkan RPJMN 2015-2019.
Lebih jauh lagi, PDAM juga menghadapi beberapa permasalahan umum yang terbilang kompleks. Seperti jangkauan pelayanan yang masih rendah, keterbatasan sumber air baku yang dipergunakan untuk air minum, tingginya kehilangan air, hingga biaya investasi tinggi untuk peningkatan pelayanan, sementara kemampuan keuangan yang dimiliki sangat terbatas.
 Keuntungan membeli air bersih untuk kebutuhan sehari-hari dari perusahaan kami:
  1. Kualitas air yang terjamin.
Air yang kami sediakan sudah diolah dulu, dan disaring dengan filtrasi tanah diatom.
2.             Waktu penyaluran yang lebih cepat.
Jika aliran selang bisa menyalurkan air sebanyak 500 galon per jam, pompa kami punya kemampuan 36 kali lebih cepat dan lebih banyak, yaitu 18.000 galon per jam.
3.             Sumber air yang terjaga.
Pabrik utama untuk pengolahan air curah kami berlokasi di Gunung Salak, Bogor. Dan sumber satelit berada di Cibinong, Bogor.
4.             Bebas dari kandungan logam berbahaya.
Air bersih yang kami sediakan dijamin tidak mengandung besi, mangan, maupun tembaha.
5.             Diklorinasi.
Air yang kami sediakan diklorinasi antara 0,5 hingga 1,5 ppm dengan klor yang distabilkan. Kami memiliki laporan kontrol kualitas dengan sampel representatif, dan Anda bisa meminta hasil analisis air terlebih dahulu sebelum pengiriman.
Kami juga menyediakan air non-klorin dengan permintaan.
 Penurunan Kualitas Air Tanah karena Faktor Lingkungan
Mengapa beralih ke air pegunungan? Salah satu alasan utamanya tentu adalah keterbatasan jangkauan pelayanan PDAM, sehingga belum semua warga Depok bisa menikmati air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. Padahal, air memiliki peran sangat vital dalam kehidupan manusia, apalagi dari segi kesehatan.
Tak hanya itu saja, air pegunungan juga lebih bersih dan minim kontaminan atau pencemaran. Karena tak bisa dipungkiri lagi bahwa kondisi perkembangan Kota Depok saat ini membuat wilayahnya jadi semakin padat. Akibatnya, ruang terbuka menjadi sangat minim atau terbatas. Hal ini juga dapat memengaruhi kondisi air tanah.
Padahal, seperti data yang sudah diungkapkan di atas, hanya 16 persen warga Depok saja yang sudah bisa mencukupi kebutuhan air bersih, dan sisanya yang sebanyak 84 persen masih mengonsumsi air tanah. Tentu perbandingan tersebut sangat jomplang, kan? 
Dan mengingat kondisi air tanah saat ini yang sudah jauh menurun kualitasnya karena kondisi lingkungan dan kontaminasi, tentu 84 persen warga Depok yang masih mengonsumsi air tanah juga berisiko mengalami masalah seperti air tanah kering di musim kemarau, hingga masalah kesehatan.
Meskipun warga Depok yang menggunakan air tanah barangkali belum melayangkan keluhan yang berarti, bukan berarti hal ini bisa dibiarkan begitu saja. Jika Anda adalah salah satu warga Depok yang juga masih menggunakan air tanah, Anda perlu pahami bahwa penyediaan air bersih berkualitas dan penggunaan sumber air non-pengolahan perlu dihindari.
Keduanya merupakan bagian dari program peningkatan kesehatan masyarakat yang memang sudah dijalankan oleh pemerintah. Hal ini tertuang di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2005 tentang Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum.
 
Air PDAM Tidak Selalu Terjamin Kualitasnya
Lalu, apakah 16 persen warga yang sudah terjangkau oleh PDAM bisa dibilang sepenuhnya aman dari masalah? Rupanya tidak, karena selalu ada kemungkinan bahwa pasokan air bersih dari PDAM juga mengalami kendala.
Salah satu contohnya seperti yang dialami warga Depok seperti yang dilansir dari Megapolitan Kompas (26/4/2019). Pasalnya, instalasi pengolahan air PDAM Tirta Asasta Kota Depok terendam lumpur yang menyebabkan terhentinya aliran pasokan air ke sejumlah pelanggannya.
Meskipun pasokan air sudah mulai pulih keesokan harinya, proses pemulihan ini harus berjalan secara bertahap. Artinya, tidak semua wilayah jangkauan bisa kembali mendapatkan pasokan air bersamaan. 
Ditambah lagi, ada juga kemungkinan penurunan kualitas air selama proses pemulihan pasokan air PDAM berlangsung. Padahal, sudah pasti bahwa kebutuhan akan air bersih tidak bisa ditawar lagi. Kalau begini, masyarakat sendiri yang kerepotan karena masih harus menyaring kembali air yang diperoleh lantaran kualitasnya yang diragukan.
 
Beralih ke Air Pegunungan
Kompleksitas pemenuhan kebutuhan akan air bersih akhirnya mendorong para warga untuk beralih mengonsumsi air pegunungan. Hal ini tak hanya dilakukan oleh warga Depok saja, tapi juga oleh warga di wilayah lain, terutama yang tinggal di kota besar dan padat dengan jumlah populasi yang tinggi.
Apalagi, penyedia alias supplier air bersih dari pegunungan saat ini juga sudah tidak lagi sulit dicari. Dan Anda juga tak perlu repot-repot mencari lagi, karena kami siap bantu penuhi kebutuhan air bersih untuk segala keperluan Anda sehari-hari. Sebab, kami punya berbagai jenis pilihan air untuk berbagai aplikasi, seperti:
  • Air minum.
  • Air kolam renang.
  • Air kolam ikan.
  • Cadangan pasokan air untuk operasional hotel, kantor, mal, dan apartemen.
  • Pasokan air untuk kebutuhan industri.
Proses pengiriman air yang kami lakukan mempergunakan truk tangki dengan kapasitas yang sangat beragam. Mulai dari 5000 liter, 8000 liter, 16000 liter, 32000 liter, hingga 36000 liter, kami punya armadanya. Tak hanya itu saja, kami juga pastikan adanya selang 20 meter yang disiapkan pada masing-masing truk yang kami kirimkan. Dan jika kebutuhan Anda lebih dari itu, kamu juga bisa tambahkan lebih banyak selang lagi sesuai permintaan dan lokasi.
Selain selang, kami juga telah melengkapi masing-masing armada truk tangki dengan pompa untuk meningkatkan efektivitas proses penyaluran air. Dengan begitu, waktu muat bisa dikurangi menjadi rata-rata hanya sekitar 15 menit saja.
Bagaimana dengan Anda yang membutuhkan air bersih untuk kebutuhan industri farmasi atau makanan? Tenang saja, karena kami juga menyediakan truk tangki stainless steel yang sudah terjamin aman dan tidak beracun untuk mengantarkan air kebutuhan industri Anda. 
Material truk tangki stainless steel yang digunakan juga telah terjamin:
  • pH stabil.
  • Anti korosi
  • Food grade. 
Dengan begitu, risiko terjadi kontaminasi saat terjadi kontak dengan obat-obatan maupun makanan pun dapat diminimalisir.
Untuk pemesanan dan pengiriman air bersih ke wilayah Depok, perhatikan beberapa poin berikut:
  • Harga tidak mengikat, dan bisa berubah sesuai hasil survei di lokasi pengisian air.
  • Pemesanan dapat dilakukan sehari sebelumnya.
  • Pengiriman dilakukan di malam hari untuk menghindari kemacetan.
  • Cantumkan alamat pengiriman yang jelas.
  • Berikan penjelasan lokasi pengisian air, seperti seberapa jauh jaraknya dari jalan raya. Informasi ini dibutuhkan untuk membantu kami memilih selang dengan ukuran tepat.
  • Anda bisa lakukan pembayaran setelah air terkirim.
Walaupun berstatus sebagai ibukota, rupanya Jakarta memiliki masalah krisis air bersih yang luar biasa parah. Padahal kebutuhan air minum bersih adalah mutlak, terutama karena berkaitan dengan kesehatan.
Dilansir dari CNN Indonesia (15/10/2021), Jakarta dan kawasan Pantura (pesisir atau pantai utara Jawa) saat ini tengah menghadapi bahwa penurunan muka tanah. Selain bisa menyebabkan permukaan kawasan tenggelam, hal ini juga dapat menimbulkan krisis air bersih.
Ditambah lagi, penurunan muka tanah yang disebabkan penyedotan air tanah jauh lebih berbahaya. Pasalnya, hal ini berdampak pada penggunaan air tanah yang sejak dulu merupakan sumber utama untuk memenuhi kebutuhan air minum bersih rumah tangga, jauh sebelum penggunaan air pipa yang dikelola oleh perusahaan air minum.
Mengingat pertumbuhan penduduk Jakarta yang terus bertambah tiap tahunnya, tentu kebutuhan konsumsi air minum bersih juga ikut bertambah tinggi. dan semakin banyak air tanah yang disedot, semakin turun pula muka air tanahnya. Dampaknya, krisis air bersih di Jakarta semakin tak terelakkan.
Hal ini juga sudah dipertegas oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui laman resminya di lipi.go.id. di dalam Rancangan Teknokratik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024 dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, kelangkaan air diperkirakan meningkat hingga tahun 2030 untuk Pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.
Di dalam rancangan tersebut, LIPI memprediksi bahwa proporsi luas wilayah krisis air mengalami peningkatan dari 6 persen di tahun 2000 menjadi 9,6 persen di tahun 2045. Tak hanya itu saja, masalah lain yang mengintai adalah penurunan kualitas air secara signifikan.
 Minimnya Ketersediaan Air Bersih di Jakarta
Seperti yang dilansir dari CNN Indonesia (18/02/2019) Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menjelaskan bahwa Sungai Citarum merupakan kunci untuk sumber ketersediaan air bersih bagi warga di wilayah Jakarta. Oleh karena itu, pencemaran Sungai Citarum berdampak pada kesulitan Pemerintah Provinsi DKI untuk menjamin ketersediaan air minum bersih bagi warganya.
Sementara itu, ketersediaan air minum bersih di ibukota saat ini masih sangatlah minim. Pasalnya, masih ada 40 persen warga Jakarta yang belum memiliki akses air bersih lantaran kondisi pasokan air dari Sungai Citarum yang semakin tercemar. Artinya, hanya sekitar 60 persen penduduk Jakarta saya yang sudah dijangkau oleh pipa air bersih dari perusahaan air minum (PAM).
Belum meratanya penyaluran air dari PAM juga dilaporkan oleh Liputan6. Di dalam peta cakupan layanan jaringan perpipaan PAM Jaya, masih ada sejumlah area di Jakarta Barat dan Jakarta Utara yang masih ditandai dengan warna merah. Artinya, area-area tersebut masih belum mendapatkan akses perpipaan. Sedangkan area yang ditandai dengan warna hijau merupakan area yang belum dijangkau jaringan perpipaan, namun kondisi air tanahnya masih baik.
Dilansir dari Liputan6, area yang masih berwarna merah tersebut disebabkan oleh tidak adanya sumber alternatif air baku. Meski demikian, PAM Jaya sendiri telah memprioritaskan upaya untuk memperluas jangkauan layanannya hingga ke daerah-daerah yang masih berwarna merah.
Sementara itu, hingga sekarang sumber air serta jangkauan layanan perpipaan di Jakarta rupanya masih sangat bergantung pada air baku yang asalnya dari luar area. Tercatat ada 81 persen layanan air baku minum perpipaan di ibukota yang berasal dari Waduk Jatiluhur. Sementara 6 persen diambil dari sungai yang berada di Jakarta. Padahal, di DKI Jakarta terdapat 13 sungai plus 108 embung.
 Diskriminasi Akses Air Bersih di Ibukota
Di satu sisi, masyarakat Jakarta yang mendapatkan akses air bersih juga harus membayar mahal untuk memenuhi kebutuhannya ini. Dilaporkan oleh halaman Bisnis (21/09/2021), privatisasi dan komersialisasi air menyebabkan warga harus keluar uang banyak untuk akses air bersih.
Hal tersebut dirasakan secara langsung oleh Kokom, seorang warga di Kampung Kembang Lestari, Penjaringan, Jakarta Utara. Sejak mengalami masalah dengan ketersediaan air di tahun 2003, Kokom harus membayar mahal agar bisa mengakses air bersih yang disediakan PT PAM Lyonnaise Jaya (Palyja), perusahaan penyedia air di wilayah tempat tinggalnya.
Dilansir dari halaman Bisnis, Kokom menjelaskan bahwa ia harus mendaftar dulu ke master meter dengan biaya pertama adalah Rp 1,5 juta per KK untuk pendaftaran ke master meter. Dan setiap KK perlu membayar Rp 12 ribu per kubik air. Biaya tersebut masih di luar uang administrasi dan uang denda. Dalam sebulan, Kokom bisa membayar tagihan Rp 450 ribu untuk memenuhi kebutuhan air minum bersih.
Hal yang sama juga dirasakan Titin, warga Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara. Titin yang telah menggunakan master meter sejak tahun 2005 mengungkapkan kekecewaannya perihal kondisi penyediaan air. Apabila ia ingin mendapatkan harga yang lebih murah, ia harus menunjukkan bukti kepemilikan tanah. Misalnya sertifikat dan akta jual beli (AJB).
Kokom menambahkan bahwa biaya tagihan air yang ia keluarkan sangat berat, apalagi bagi masyarakat yang berada di kalangan menengah ke bawah dari segi ekonomi. Ia berharap bahwa akses air minum bersih tidak perlu lagi dibeda-bedakan. Artinya, masyarakat yang tidak berpunya juga harus mendapatkan hak air.
Alternatif Air Bersih dari Pegunungan
Apabila Anda adalah warga Jakarta yang juga mengalami masalah yang serupa, Anda barangkali dipaksa harus memilih untuk menggunakan air tanah yang kualitasnya semakin menurun, atau membayar mahal untuk mendapatkan akses air bersih dari perusahaan air minum. Akan tetapi, apakah itu saja alternatif yang Anda miliki?
Ternyata tidak, karena sebenarnya masih ada air pegunungan yang bisa jadi solusi air minum bersih yang lebih terjangkau, namun tetap terjamin kualitas dan kebersihannya. Dan inilah solusi yang bisa kami tawarkan untuk Anda.
Air minum bersih yang kami sediakan adalah air pegunungan yang berasal dari Gunung Salak, Bogor. Seperti yang barangkali sudah Anda ketahui, mata air Gunung Salak adalah mata air yang terkenal akan kualitasnya sebagai air baku berkualitas tinggi.
Selain menggunakan air baku yang bersih dan berkualitas, kami juga memastikan bahwa seluruh proses pengolahan air telah kami lakukan sesuai standar yang berlaku dan melalui kontrol yang sangat ketat. Sebagai buktinya, kami telah mendapatkan Sertifikat Laik Sehat yang diterbitkan oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta.
Tak hanya itu saja, kami juga siap untuk mengantarkan air ke manapun lokasi Anda. Sebab, kami memiliki jangkauan yang luas untuk memastikan bahwa kebutuhan air minum bersih Anda terpenuhi untuk aktivitas sehari-hari. Wilayah yang kami jangkau mencakup berbagai area di Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara. Anda hanya perlu berikan alamat Anda yang lengkap dan jelas, lalu kami akan antarkan air bersih ke alamat Anda.
Di samping air minum bersih, kami juga menyediakan air untuk aplikasi lainnya, seperti untuk kolam renang atau kolam ikan. Kami juga siap mengakomodasi kebutuhan Anda untuk isi lengkap maupun untuk top off saja.
Penuhi Kebutuhan Air Bersih Wilayah Bekasi
Air bersih merupakan kebutuhan yang mendasar untuk manusia bisa melangsungkan kehidupan. Pertumbuhan penduduk dan ekonomi memberikan dampak permintaan air bersih yang meningkat, tapi kenyataannya ketersediaan air bersih untuk warga Bekasi yang layak pakai dan layak konsumsi jumlahnya semakin lama semakin terbatas. Terbatasnya jumlah dari air bersih layak pakai dan konsumsi berhubungan dengan pencemaran lingkungan yang meningkat. Pencemaran lingkungan yang terus meningkat tersebut menyebabkan daya dukung lingkungan pun menjadi terlampaui. 
Sebenarnya Kota Bekasi, berada pada tiga Daerah Aliran Sungai atau yang kerap disingkat DAS, yakni DAS Bekasi, Das Sunter, dan DAS Cakung. Namun, Sungai Sunter dan Cakung sekarang ini lebih difungsikan menjadi saluran drainase. Mulanya, Sungai Cakung dan Sunter merupakan sungai buatan yang tujuan utama dibuatnya adalah untuk membendung luapan arus air dari Sungai Ciliwung, Cisadane Barat, Sungai Citarum, dan Sungai Bekasi, di mana ke empat sungai tersebut sebabkan banjir kiriman ke wilayah Jakarta. 
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa sumber air potensial untuk Kota Bekasi berasal dari Sungai Bekasi, yang mana merupakan pertemuan dari Sungai Cikeas dan Cileungsi. Namun, berdasarkan pada Status Lingkungan Hidup Daerah Kota Bekasi di tahun 2006, kualitas air pada Sungai Cikeas, Cileungsi, maupun Bekasi telah tercemar. Kualitas air dari ketiga sungai sudah tidak bisa lagi digunakan untuk penuhi kebutuhan air manusia dan menjadi sumber air bersih dikarenakan konsentrasi zat padat tersuspensi, Mn, Fe, Amoniak, Nitrit, COD, BOD, serta coli tinja sudah melebihi baku mutu ditetapkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2001 mengenai Kualitas Air serta Pengendalian Pencemaran Air. 
Sumber air untuk penuhi kebutuhan air bersih saat ini baik itu untuk domestik maupun non domestik dari air permukaan dan air tanah. Air permukaan diolah oleh supplier air bersih seperti supplier air bersih Bekasi, yang kemudian akan didistribusikan ke para pelanggan.
Jumlah penduduk yang dapat terlayani oleh supplier air bersih Bekasi mencapai 20% di tahun 2007 dengan 25% cakupan pelayanan. Berdasarkan dari data tersebut, bisa untuk ditarik kesimpulan bahwa sebanyak 80% penduduk Bekasi di tahun 2007 memakai air tanah. Bahkan sejumlah penduduk di Bekasi yang telah menjadi pelanggan dari supplier air bersih Bekasi pun masih menggunakan air sumur untuk memenuhi kebutuhan air mandi dan mencuci. Dapat dikatakan bahwa air bersih dari supplier digunakan oleh penduduk Bekasi untuk minum dan memasak. 
Ketergantungan dari masyarakat pada air tanah tunjukkan kondisi yang tidak berkelanjutan. Hal itu sebab pengisian air tanah tak sebanding eksploitasinya. Lahan tak terbangun yang berubah menjadi lahan terbangun sebabkan infiltrasi air hujan ke tanah menjadi terus berkurang dikarenakan air hujan lebih banyak jadi aliran limpasan. Selain itu, kerusakan Daerah Aliran Sungai (DAS) karena fungsi kawasan lindung yang berubah serta kebijakan tata ruang yang kurang mempertimbangkan fungsi resapan sebabkan daya dukung air pada suatu wilayah menjadi semakin berkurang. 
Kami merupakan sebuah perusahaan yang membawa air curah bersih yang dapat diminum. Kami hanya antarkan air minum, maka hanya air terbaik yang tersedia dan bisa Anda dapatkan. Sumber air baku kami dari mata air Gunung Salak Bogor yang sudah terkenal akan kualitas air bakunya yang terbaik dan bebas bau kaporit. Air bersih yang kami pakai pun selalu melalui proses kontrol ketat sehingga dapat penuhi standar dan mendapatkan sertifikat laik sehat. 
Air bersih kami pun dikirim dari sistem air kota Bekasi. Kami berikan air bersih ke seluruh kolam ikan dan kolam renang seberapapun kebutuhannya, baik besar maupun kecil. Apakah Anda membutuhkan top half atau isi lengkap, kami dapat akomodasikan permintaan Anda. 
Kami bukan sekedar perusahaan air bersih kolam. Kami pun dukung sejumlah industri komersial, serta kami kami melakukan kerja sama dengan sejumlah perusahaan konstruksi untuk sediakan air bagi sejumlah aplikasi. Apapun kebutuhan Anda akan air bersih, kami dapat membantu dan bekerja sama. Hubungi kami segera dan kami akan berikan layanan yang terbaik untuk temukan solusi air paling tepat yang sesuai dengan kebutuhan air Anda, seperti:
  • Kebutuhan air bersih untuk air minum
  • Kebutuhan industri
  • Kebutuhan kolam ikan
  • Kebutuhan kolam renang
  • Kebutuhan cadangan air operasional hotel
  • Kebutuhan air apartemen
  • Kebutuhan air gedung kantor
  • Kebutuhan air mall
  • dsb
Proses pengiriman air bersih dilakukan dengan menggunakan tangki air dengan kapasitas 8000 liter ataupun truk tangki dengan kapasitas yang lebih besar. Truk tangki kami dilengkapi dengan selang sepanjang 20 meter yang disertakan di dalam pengiriman. Jika diperlukan, kami bisa menambahkan selang sesuai dengan kebutuhan, tergantung pada lokasi. Seluruh unit truk tangki air kami pun dilengkapi dengan, kurangi waktu muat serta membiarkan truk tangki diturunkan dalam waktu kurang lebih 15 menit. 
Dengan menggunakan sejumlah metode pengiriman air, selang serta pompa, kami sejauh ini belum pernah menemukan pekerjaan yang tak dapat kami layani atau servis. Sejak tahun 1979, kami sudah bekerja sama dengan pembangunan kolam guna pastikan pasokan air yang diinginkan kami bawa sesuai dengan kebutuhan. 
Sejumlah armada truk tangki air yang kami miliki, sebagai berikut:
  • Ukuran truk tangki berkapasitas 5000 liter / 5 M/T / 5 M3
  • Ukuran truk tangki berkapasitas 8000 liter / 8 M/T / 8 M3
  • Ukuran truk tangki berkapasitas 16000 liter / 16 M/T / 16 M3
  • Ukuran truk tangki berkapasitas 32000 liter / 32 M/T / 32 M3
  • Ukuran truk tangki berkapasitas 36000 liter / 36 M/T / 36 M3
Lalu, khusus kebutuhan industri farmasi maupun industri makanan, kami sediakan truk tangki stainless steel. Bahan stainless steel pada armada truk tangki kami terbuat dari material yang aman serta tidak beracun saat berkontak dengan obat-obatan maupun makanan. Material ini pun tahan terhadap korosi serta mampu untuk serap panas dengan baik. 
Berikut spesifikasi armada-armada kami:
Truk Tangki Stainless Steel:
  • Food grade
  • Anti korosi
  • PH yang relatif stabil
Truk Tangki Baja:
  • Coating food grade
Untuk memesan air bersih pada kami, berikut ada sejumlah hal yang perlu Anda ketahui:
  • Harga yang kami berikan tidak mengikat, dapat berubah dan menyesuaikan tergantung pada hasil survey terhadap lokasi pengisian air bersih.
  • Pemesanan dapat dilakukan sehari sebelumnya, dikirim saat malam hari agar terhindar macet atau tergantung pada armada yang tersedia.
  • Pemesanan air bersih harus cantumkan alamat yang jelas.
  • Pemesan harus jelaskan lokasi yang akan diisi oleh air bersih, seberapa jauh jaraknya dari jalan raya supaya kami dapat siapkan selang yang sesuai untuk salurkan air ke titik lokasi.
  • Pembayaran dilakukan setelah air bersih terkirim ke lokasi.
Untuk penuhi kebutuhan air bersih Anda, segera hubungi kami dan dapatkan layanan terbaik serta kehidupan yang lebih sehat. 
Pelayanan Penjualan Air Bersih Daerah Tangerang dan Banten Konsumsi akan kebutuhan air bersih sudah menjadi bagian dari cara dan gaya hidup sehat yang perlu untuk dijaga dengan baik, terutama untuk di daerah yang cukup sulit dalam mendapatkan akses untuk air bersih itu sendiri. Namun, hal ini sekarang tidak perlu untuk menjadi sebuah hal yang dikhawatirkan karena terdapat penjualan air bersih Tangerang dan Banten yang siap untuk melayani kapan saja bagi wagr di kedua daerah tersebut yang memang membutuhkan aksesnya. Terdapat supplier untuk air bersih tersebut yang terpercaya dan siap untuk kapan saja datang menyediakan air tersebut sehingga membantu untuk menjaga gaya serta pola hidup sehat dengan lebih baik.
Kondisi Wilayah dan Keadaan Persediaan Air Bersih di Tangerang dan Banten
Kebutuhan akan penjualan air bersih Tangerang dan Banten sendiri sebenarnya dipengaruhi akan kondisi yang dialami oleh kedua daerah itu sendiri terkait dengan keadaan serta akses untuk air bersih yang didapatkan para warganya. Luas yang dimiliki oleh Kabupaten Tangerang menurut survei yang dilakukan pada tahun 2012 lalu yaitu sebesar 959.600 m2 dengan dua wilayah untuk mendapatkan air bersih. Kedua wilayah tersebut yaitu terletak pada Serang-Tangerang dan juga Jakarta untuk bisa mendapatkan pasokan air bersih dalam memenuhi kebutuhan yang dimiliki untuk warga  yang tinggal di luas area Kabupaten Tangerang tersebut.
 Dari setiap wilayah penjualan air bersih Tangerang dan Banten yang menjadi tempat sumber air bersih, masing-masing memiliki luas yaitu pada wilayah Serang-Tangerang sebesar 900,98 km2 dan juga untuk jakarta yaitu seluas 58,662 km2 dengan cadangan untuk debit aliran air bersih yang berbeda-beda. Berkaitan dengan debit aliran air bersih yang ada di wilayah Serang-Tangerang, terdapat sebanyak 348,96 juta m3 untuk setiap tahun penggunaannya. Sedangkan untuk wilayah Jakarta sendiri dengan luas sebesar 1,439 km2 memiliki debit air dengan cadangan sebanyak 34,30 m3 untuk setiap tahun yang tersedia sehingga membuahkan hasil debit air bersih rata-rata yang ada yaitu sebesar 7.5557 m3 per tahunnya.
Kelebihan Penggunaan Jasa Supplier Air Bersih CV. Anugrah Mandiri
Dalam mencari supplier yang menawarkan penjualan air bersih Tangerang dan Banten, memang hal ini bukanlah sebuah hal yang mudah dilakukan karena seringkali layanan yang diberikan kurang sesuai dengan apa yang ditawarkan sebelumnya. Maka dari itu, mencari supplier untuk air bersih di daerah Tangerang dan Banten membutuhkan beberapa pertimbangan yang penting untuk diperhatikan agar nantinya tidak salah dalam mengambil pilihan. Namun, sekarang ini tidak perlu lagi untuk merasa khawatir atau bingung dalam mencari supplier karena terdapat CV. Anugrah Mandiri yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggannya.
Tentunya pemilihan untuk supplier penjualan air bersih Tangerang dan Banten ini sendiri dengan menggunakan jasa dari CV. Anugrah Mandiri ini memiliki berbagai jenis keuntungan yang akan membuat para pelanggannya menjadi nyaman dan kebutuhan terpenuhi dengan baik. 
Beberapa keuntungan yang ditawarkan oleh perusahaan supplier penjualan air bersih Tangerang dan Banten satu ini diantaranya:
1.     Kualitas dari air yang terbaik karena melalui proses pengolahan dan penyaringan terlebih dahulu dengan menggunakan sistem filtrasi tanah yang sudah diatom.
2.     Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan aliran selang yaitu sebanyak 500 galon untuk tiap jamnya dengan menggunakan pompa yang berkapasitas yaitu mencapai 18.000 galon untuk tiap jam penggunaannya.
3.     Sumber untuk pengambilan air sendiri yaitu berasal dari pabrik yang merupakan tempat untuk melakukan pengolahan air curah. Letak dari pabrik tersebut yaitu berada di Gunung Salak, Bogor yang menggunakan sumber satelit dan letaknya berada di daerah Cibinong, Bogor.
4.     Air yang dihasilkan yaitu bebas dari kandungan besi, tembaga, maupun juga mangan sehingga aman untuk digunakan.
5.     Air sudah mengalami klorinasi dengan 0,5 sampai dengan 1,5 ppm yang distabilkan sehingga memberikan kualitas terbaik untuk air bersih yang akan digunakan.
6.     Jika pelanggan meminta air non-klorin, supplier dapat menyediakannya sesuai dengan permintaan dan kebutuhan yang dimiliki untuk persediaan air bersih yang terbaik.
 Penuhi Kebutuhan Air Bersih di Tangerang dan Banten Berkualitas
Perlu untuk diketahui bahwa supplier untuk penjualan air bersih Tangerang dan Banten yaitu CV. Anugrah Mandiri merupakan perusahaan yang menghadirkan kebutuhan air bersih untuk berbagai keperluan yang dimiliki, termasuk juga menjadi konsumsi untuk diminum sehari-hari. Kualitas air yang disediakan tidak perlu lagi untuk diragukan karena merupakan air bersih dengan kualitas yang terbaik dan bebas dari bau yang dihasilkan dari kaporit. Pengolahan air untuk bisa sampai dikirimkan kepada para pelanggan juga melewati berbagai kontrol yang baik sehingga sesuai dengan standar yang ada sertai dilengkapi dengan sertifikat bahwa kondisi air layak dan sehat.
 Perlu untuk digaris bawahi bahwa supplier penjualan air bersih Tangerang dan Banten untuk CV. Anugrah Mandiri bukan merupakan perusahaan yang menyediakan untuk penggunaan keperluan air kolam. Perusahaan ini mendukung berbagai jenis industri secara komersial dan juga menjalankan kerja sama dengan berbagai perusahan konstruksi dengan tujuan untuk membantu memberikan persediaan air dalam penggunaan berbagai aplikasi yang ada. Berbagai jenis kebutuhan untuk air bersih dapat dipenuhi dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan para pelanggan sehingga bisa membantu memberikan solusi dalam pemenuhan kebutuhan air bersih yang lengkap dan bersih sehingga tetap dapat menjaga gaya hidup yang sehat dengan dukungan air bersih dan sehat.
 Terdapat berbagai keperluan yang dapat dibantu dengan adanya penjualan air bersih Tangerang dan Banten dengan cepat dan tepat sehingga pemenuhan terhadap kebutuhan air bersih bisa dilakukan dengan baik dan tepat. Berbagai kebutuhan lainnya yang dapat dipenuhi dengan air bersih tersebut yaitu diantaranya:
1.     Kebutuhan air minum dalam kegiatan sehari-hari.
2.     Keperluan pemenuhan dalam berbagai industri.
3.     Air untuk digunakan dalam kolam renang.
4.     Air untuk pemeliharaan kolam ikan dalam berbagai skala dan jenis.
5.     Cadangan untuk memenuhi kebutuhan operasional hotel.
6.     Kebutuhan untuk gedung kantor dalam mendukung kebutuhan karyawan.
7.     Kebutuhan untuk apartemen sehingga bisa terpenuhi dengan baik.
8.     Keperluan mall akan operasional dan kebutuhan untuk air bersih.
 Cara Pemesanan Air Bersih di Tangerang dan Banten
Apabila membutuhkan penjualan air bersih Tangerang dan Banten ini, tidak perlu khawatir karena pengiriman yang dilakukan mampu untuk mencakup sebanyak 8000 liter untuk truk tangki yang digunakan dan juga kapasitas yang lebih besar. Penggunaan jenis truk tangki bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang dimiliki sehingga tidak perlu khawatir dengan kualitas air yang diberikan selama perjalanan dari supplier ke tempat tujuan para pelanggan. Hanya perlu untuk menghubungi pada nomor 0856-7510-507 dan langsung saja dapatkan pemenuhan kebutuhan akan air bersih dengan segera dan dapat disesuaikan dengan apa kebutuhan yang dimiliki oleh pelanggan tersebut secara langsung. 
Kekayaan alam di Indonesia semestinya tak membuat kita merasa kekurangan dari segi sumber daya. Untuk air bersih, misalnya, masyarakat dapat mengandalkan sumber mata air yang tersebar di sejumlah pegunungan. Bahkan beberapa perusahaan air minum mengambil suplai mereka dari alam karena debit airnya yang melimpah setiap tahun.
Salah satu kawasan yang dikenal sebagai surga sumber mata air adalah Sukabumi di Jawa Barat. Lokasinya yang berada di kaki Gunung Gede Pangrango (atau Gunung Gede) menjadi faktor kuat yang membuat tempat tersebut jarang kekurangan pasokan air minum. Namun, hal tersebut rupanya tak membebaskan Sukabumi dari krisis air bersih, terutama saat masyarakat dan pihak-pihak tertentu kurang memperhatikan lingkungan.
Surga sumber mata air yang sekarat
Berdasarkan data dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, setiap tahunnya kawasan Gunung Gede Pangrango mampu menghasilkan sekitar 230 ribu m3 air. Hal tersebut menjadikannya sebagai sumber air terbesar di Jawa Barat dan tentunya memudahkan suplai air bersih bagi warga Sukabumi. Bahkan wilayah lain seperti Bogor, Cianjur, hingga Jakarta mengandalkan air dari Gunung Gede Pangrango yang dialirkan melalui sungai-sungai di sekitarnya.
Sayangnya, ekosistem yang terganggu dengan penumpukan sampah dan eksploitasi perusahaan-perusahaan air minum menyebabkan penyusutan pasokan air di Sukabumi. Pada 2019, Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Bumi Wibawa (PDAM-TBW) Sukabumi melaporkan tiga sumber mata air baku di area kabupaten mengalami pengurangan suplai air. Pada saat itu, penyusutan mencapai 60%, bahkan lebih saat musim kemarau.
Abdul Kholik, Direktur PDAM-TBW Sukabumi, seperti yang disitat Neraca, mengatakan tiga sumber mata air yang mengalami penyusutan pada musim kemarau adalah Cinumpang, Batukarut Sukaraja, dan Cigadog. Masing-masing sumber mata air susut dari 250 liter per detik menjadi kurang dari 150 liter per detik; 150 liter per detik menjadi 53 liter per detik; 50 liter per detik menjadi 26 liter per detik. 
Untuk menyiasatinya, PDAM-TBW Sukabumi terpaksa melakukan penggiliran distribusi air agar masyarakat tetap bisa mendapatkan air bersih. Mereka pun mengirimkan surat kepada pemerintah pusat, provinsi, dan Bappeda agar dilakukan studi kelayakan air baku. Tujuannya adalah membuat desain baru untuk melancarkan distribusi air bersih, terutama untuk musim kemarau.
Krisis berkelanjutan di musim kemarau
Berkurangnya pasokan air bersih di musim kemarau bukanlah masalah yang dapat diatasi begitu saja. Kendati pemerintah pusat dan daerah terus memberikan solusi dan bantuan, krisis tersebut kenyataannya terus muncul setiap tahun di Sukabumi.
Dilansir dari Air Kami, warga Kecamatan Sukalarang dan Cikembar mengalami krisi air bersih pada musim kemarau di tahun 2021. Demi memperoleh air bersih, mereka harus menyusuri jalan sejauh ratusan meter dengan melewati jalan terjal nan licin dan perkebunan. Hal ini disebabkan sumber mata airnya yang berada di serapan akar pohon. Selain itu, warga juga harus rela mengantre demi mengambil air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.
Kondisi tersebut semakin parah mendekati pertengahan 2021, sebab krisis merembet hingga ke wilayah lain seperti Desa Titisan dan berdampak pada 65% warga. Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sukabumi pun lantas segera mengatasinya dengan mengirimkan air bersih.
Anita Mulyani, sekretaris BPBD Kabupaten Sukabumi, menyatakan bahwa krisis air bersih sudah menjadi peristiwa tahunan selama musim kemarau. Setidaknya ada 12 kecamatan di Kabupaten Sukabumi yang mengalami fenomena tersebut. Beberapa di antaranya adalah Pelabuhan Ratu, Cisaat, Ciemas, Gegerbitung, Gunungguruh, dan Cisolok. 
Atasi krisis air bersih dengan pemasok terpercaya
Fakta bahwa krisis air bersih telah menjadi peristiwa musiman di Sukabumi sebenarnya sangat mengkhawatirkan. Apalagi, seperti yang telah dibahas, Sukabumi termasuk wilayah dengan sumber mata air terbanyak di Pulau Jawa. Berkurangnya pasokan air bersih pun menjadi sesuatu yang ironis terjadi di sana.
Bergantung pada bantuan pemerintah daerah dan pusat pun tak selamanya menyelesaikan masalah, terutama saat warga masih mengantre saat suplai air bersih dikirimkan. Dalam hal ini, kami sebagai perusahaan dan supplier air bersih menawarkan solusi dengan menyediakan pasokan air minum yang berkualitas sekaligus bersahabat untuk warga di Sukabumi. 
Bukan hanya untuk air minum, air bersih yang kami distribusikan bisa digunakan untuk kepentingan lain. Di antaranya kegiatan operasional industri, cadangan operasional hotel, apartemen, mal, hingga perkantoran. Anda bahkan bisa memakainya untuk mengisi kolam ikan dan kolam renang dengan kapasitas yang bisa disesuaikan kebutuhan, baik lengkap maupun top off
Distribusi air bersih dengan armada truk besar
Kami sadar air bersih merupakan sumber daya yang dibutuhkan masyarakat luas. Terutama di musim kemarau saat sejumlah sumber mata air mengalami penurunan debit air. Oleh karena itu, kami akan selalu memastikan distribusi air bersih berjalan aman sampai tujuan dan tepat waktu.
Untuk mewujudkannya, kamu menggunakan truk tangki berkapasitas 8.000 liter dan beberapa kendaraan dengan daya tampung di atas volume tersebut. Selang sepanjang 20 meter pun kami sediakan untuk mengalirkan air bersih. Jika butuh selang yang lebih panjang, Anda bisa segera hubungi kami untuk menyertakannya pada armada truk tersebut.
Selain itu, kami membekali pompa yang akan mengefisiensikan proses pemuatan dan penurunan truk hingga menjadi 15 menit saja. Anda juga bisa memilih metode pengiriman yang kami sediakan untuk memudahkan proses distribusi ke lokasi tujuan. Khusus untuk pengisian kolam renang, kami bahkan sudah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak pembangun fasilitas tersebut untuk meringankan pekerjaan Anda.
Adapun lima jenis truk tangki yang bisa Anda pilih sesuai kapasitas mencakup:
  • Truk tangki berkapasitas 5.000 liter / 5 m/t / 5 m3
  • Truk tangki berkapasitas 8.000 liter / 8 m/t / 8 m3
  • Truk tangki berkapasitas 16.000 liter / 16 m/t / 16 m3
  • Truk tangki berkapasitas 32.000 liter / 32 m/t / 32 m3
  • Truk tangki berkapasitas 36.000 liter / 36 m/t / 36 m3
Jika Anda membutuhkan sumber mata air untuk industri makanan dan farmasi, kami akan menggunakan truk tangki bermaterial stainless steel dan baja yang sudah menyandang status coating food grade. Dengan begitu, air bersih tak akan mudah terkontaminasi maupun menyebabkan korosi pada tangki yang dipakai secara berkelanjutan.
Pengiriman air bersih ke wilayah Sukabumi
Telah menangani distribusi air bersih sejak 1979, kami tentunya akan memastikan pasokan yang Anda butuhkan tiba dengan selamat selama memahami poin-poin berikut:
  • Harga dapat mengalami perubahan sesuai survei terhadap lokasi pengisian air bersih;
  • Lakukan pemesanan maksimal sehari sebelumnya. Kami akan kirimkan suplai air bersih di malam hari untuk menghindari kemacetan;
  • Cantumkan alamat tujuan sejelas dan sedetail mungkin, termasuk lokasi yang memerlukan pengisian air bersih dan jarak tempuh menuju lokasi;
  • Pembayaran dapat dilakukan saat air bersih tiba di tujuan.
Krisis air bersih tak hanya dialami masyarakat pada musim kemarau. Pada musim penghujan, kebutuhan air untuk konsumsi juga dapat mengalami peningkatan. Ada beberapa faktor yang membuat ketersediaan air bersih langka meski air hujan melimpah. Sebut saja kurang maksimalnya penyerapan air dan lingkungan yang terlalu tercemar.
Sejumlah kota hingga daerah di Indonesia telah mengalami kesulitan air bersih, bahkan semakin parah dari tahun ke tahun. Salah satunya Cianjur yang dikenal sebagai wilayah dengan objek wisata alam favorit dan dikelilingi perkebunan, pegunungan, hingga pantai yang memesona.
Krisis air bersih di Cianjur
Krisis air bersih di Cianjur sebenarnya tak terlepas dari gaya hidup masyarakat dan pengembangan lahan di kawasan tersebut. Dulu, Cianjur menjadi ‘rumah’ sejumlah pedesaan dengan kondisi alam yang asri dan terawat. Hal tersebut yang membuat penyerapan air hujan terjaga dan membuat persediaan air bersih tetap terjaga, termasuk di musim kemarau.
Namun, munculnya tempat-tempat wisata yang membutuhkan lahan luas secara tak langsung mengurangi lahan penyerapan air. Akibatnya, air hujan yang harusnya diserap pohon mengalir ke pemukiman hingga menyebabkan banjir. Lingkungan yang kotor pun membuat kualitas air bersih berkurang, sehingga tak bisa digunakan secara maksimal.
Musim penghujan yang mulai masuk ke wilayah Indonesia pada penghujung 2021 pun kembali memicu krisis air bersih di Cianjur. Menurut pemberitaan terbaru yang dimuat Ayo Bandung, tingginya intensitas hujan, khususnya di kabupaten, telah mempengaruhi kualitas air bersih, termasuk yang Perumdam Tirta Mukti Cianjur distribusikan kepada pelanggan. Air yang diterima berubah menjadi keruh, bahkan tersendat akibat meluapnya sungai. Resapan air pada sumur bor yang ditanam pun ikut bercampur dengan tanah.
Budi Karyawan selaku Direktur Utama Perumdam Tirtamukti Cianjur mengungkapkan air daratan, seperti danau dan sungai, adalah sumber air yang paling terdampak mengalami penurunan kualitas di musim penghujan. Terutama pada sungai-sungai besar seperti Citarum, Cisokan, Cikondang, dan Cisadea. Pasalnya saat air debit air di sungai mengalami kenaikan, material seperti sampah, batu, hingga lumpur akan ikut terbawa dan membuat pompa intake ikut terkubur.
Dalam hal ini, Budi dan pihaknya di Perumdam Tirta Mukti berupaya mengatasinya dengan memperbaiki pompa intake. Namun, tentunya masyarakat juga diharapkan untuk menjaga lingkungan dan menyediakan suplai air bersih cadangan apabila sumber air utama bermasalah dalam waktu lama di musim penghujan.
Cakupan air bersih yang belum terpenuhi
Selain faktor lingkungan, krisis air bersih di Cianjur disebabkan pula oleh cakupan layanan yang belum menjangkau secara menyeluruh. Wilayah pemukiman penduduk di kawasan kabupaten rupanya tak berada dalam satu kawasan. Jaraknya yang berjauhan dan berbeda dari pusat kota tak jarang menyulitkan pemasok air bersih untuk mendistribusikan layanan.
Disitat dari Pakuan Raya, sekitar 32 kecamatan di Cianjur, khususnya di pusat pemerintahan daerah administrasi, sudah menerima pasokan air bersih dari pemerintah daerah. Data ini mencakup 67% cakupan pelanggan. Sayangnya, area kabupaten baru mencapai 14% dan mendorong Perumdam untuk membuka kantor cabang untuk menjangkau pelanggan yang memerlukan air bersih pada 2022.
Krisis air bersih di Cianjur hanyalah gambaran kecil dari masalah yang dihadapi Indonesia. Di wilayah lain seperti Yogyakarta, misalnya, sekitar 67% air minum rumah tangga sudah terkontaminasi bakteri tinja (data riset dari UNICEF). Selain itu, Indonesia baru mampu mengolah 7% air limbah dari total keseluruhan. Sementara jumlah penduduk terus bertambah dan ikut meningkatkan kebutuhan air bersih yang layak konsumsi.
Mengatasi krisis air bersih dari perusahaan terpercaya
Meski pemerintah pusat dan daerah terus mengupayakan ketersediaan air bersih, masyarakat diharapkan turut menjaga lingkungan, baik sumber air maupun resapan air di sekitar. Selain itu, mencari pemasok air bersih alternatif dapat jadi solusi yang efektif dan terjangkau, terutama saat pemerintah daerah memerlukan waktu lebih lama untuk mengatasi kendala yang terjadi.
Untuk itu, kami sebagai perusahaan pemasok air bersih, menyediakan layanan antar air minum dengan kualitas terbaik. Bukan hanya itu, air bersih yang kami suplai bisa Anda gunakan untuk kebutuhan lain selain konsumsi sehari-hari. Sebut saja untuk mengisi kolam ikan dan kolam renang tanpa batasan ukuran. Anda juga dapat memakai air bersih dari kami secara lengkap atau top off. Cadangan operasional hotel, apartemen, hingga perkantoran adalah tempat-tempat lain yang kami layani untuk distribusi air bersih.
Dengan layanan yang disediakan, kami terus mendukung berbagai industri komersial, bahkan menjalin kerja sama dengan perusahaan konstruksi profesional. Tujuannya adalah menyediakan air untuk sejumlah aplikasi, tak terkecuali mengatasi krisis air bersih di Cianjur.
Truk tangki untuk mendistribusikan air bersih
Distribusi air bersih yang kami lakukan dipastikan aman dan sesuai standar. Dalam hal ini, kami menggunakan truk tangki berkapasitas besar mencapai 8.000 liter. Selain itu, truk kami memakai selang sepanjang 20 meter yang disertakan dalam pengiriman. Anda juga dapat meminta selang lebih panjang sesuai kebutuhan lokasi.
Semua unit armada truk tangki kami dibekali pompa untuk membuat waktu muat semakin efisien, sehingga penurunan truk hanya butuh waktu 15 menit. Kami juga menyediakan berbagai metode pengiriman yang akan memudahkan klien memasok air bersih. 
Berikut ini adalah lima jenis mobil truk tangki yang disediakan untuk mengatasi krisis air bersih:
  • Truk tangki berkapasitas 5.000 liter / 5 m/t / 5 m3
  • Truk tangki berkapasitas 8.000 liter / 8 m/t / 8 m3
  • Truk tangki berkapasitas 16.000 liter / 16 m/t / 16 m3
  • Truk tangki berkapasitas 32.000 liter / 32 m/t / 32 m3
  • Truk tangki berkapasitas 36.000 liter / 36 m/t / 36 m3
Bagi Anda yang memerlukan air bersih untuk industri farmasi dan industri makanan, kami pun menyediakan truk tangki bermaterial stainless steel. Material tersebut akan memastikan air di dalam tangki tak terkontaminasi dan tetap bersih. Tangki juga bebas dari risiko korosi. Ada pula truk baja yang sudah berstatus coating food grade. Dengan begitu, sesampainya di tempat, air bisa Anda pakai untuk mengolah bahan makanan atau meracik obat-obatan. 
Pengiriman air bersih ke wilayah Cianjur
Telah beroperasi sejak 1979, kami akan jamin pengiriman air bersih ke Cianjur tepat waktu untuk menanggulangi krisis air bersih. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:
  • Harga yang dikenakan tak mengikat dan dapat berubah sesuai hasil survei terhadap lokasi pengisian air bersih;
  • Lakukan pemesanan sehari sebelumnya. Kami akan mengirimkan air bersih pada malam hari untuk menghindari macet dan tergantung armada yang tersedia;
  • Pastikan Anda mencantumkan alamat yang jelas, termasuk detail jarak tempuh, jalan raya terdekat, dan kondisi lokasi pengisian air bersih;
  • Pembayaran dapat Anda lakukan setelah air bersih sampai di lokasi.
Karawang merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Barat dan memiliki banyak sekali kawasan industri yang kerap menjadi perhatian banyak orang. Tetapi sudah 2 tahun terakhir, Karawang mengalami krisis air bersih dan semakin parah. Seperti yang dilansir pada jabar.inews.id (21/09/2021) bahwa beberapa daerah mengalami kekeringan sehingga membutuhkan supply air bersih dalam jumlah yang tinggi. 
 
Salah satu solusi terbaik adalah menggunakan supplier air bersih karawang karena air yang sudah terjamin kebersihannya. Banyak masyarakat yang mencari alternatif dengan menggunakan air tanah atau sumur yang ada, tetapi hal ini tentu saja tidak menjamin tingkat kebersihan dari air tersebut. Karawang yang sudah menjadi daerah industri dan beberapa Sungai yang kualitas airnya menurun sangat perlu diperhatikan. 
 
Letak Geografis Karawang
Karawang merupakan salah satu kabupaten yang letaknya ada di bagian utara jawa barat dan termasuk ke dalam dataran rendah. Kabupaten jawarnag memiliki batas wilayah dengan laut jawa disebelah utara, Kabupaten Subang di bagian timur, Kabupaten Purwakarta di bagian tenggara, Bogor dan Cianjur di bagian sebelah selatan, dan kabupaten bekasi di bagian barat. 
 
Sungai Citarum merupakan salah satu Sungai yang ada di Karawang dan menjadi bukti bahwa pencemaran yang ada sudah sangat tinggi. Banyak sekali aksi untuk membersihkan kembali sungai Citarum tetapi masih belum memperlihatkan hasil yang baik. Hal ini membuat krisis air bersih semakin tinggi dan menjadi masalah yang sangat serius untuk warga Karawang. 
 
Hal ini sangat bertolak belakang dari letak Geografis Karawang yang sebenarnya dilalui oleh aliran sungai secara melandai ke arah utara. Terdapat dua sungai yang menjadi sungai besar di Karawang yaitu Sungai Citarum dan Cilamaya. Kabupaten Karawang sendiri memiliki beberapa waduk utama yang menjadi sumber air bersih bagi masyarakat. Tetapi semakin banyak hal yang terjadi dan polusi di sungai yang juga semakin tinggi membuat supplier air bersih karawang menjadi solusi untuk air bersih terjamin dan mudah dalam pengantarnya sehingga tidak perlu merasa bingung. 
 
Kondisi Air Bersih Di Karawang
Sebelum kekeringan dan juga polusi di Sungai yang semakin meningkat, kondisi air bersih di Karawang yang berasal dari saluran irigasi yang ada di bagian Tarum Timur dan Barat, mata air, serta air tanah cukup baik dan bisa memenuhi kebutuhan air bersih. Penduduk kabupaten Karawang dengan persentase 24.54% mendapatkan pelayanan air bersih yang baik (dilansir dari bps). Berdasarkan penelitian terakhir yaitu tahun 2002 memuat ada 12 kecamatan atau sama dengan 65 desa yang sudah mendapatkan air bersih. 
 
Tentu saja hingga saat ini kebutuhan air bersih terus meningkat dan bahkan populasi masyarakat juga terus bertambah. Apabila dilihat dari persentase sebelumnya, kondisi air bersih di karawang sangat kurang dan ditambah dengan banyaknya permasalahan berkaitan dengan air bersih yang terjadi. Memanfaatkan air tanah tidak lagi  menjadi jalan yang tepat karena banyak polusi dan juga bibit penyakit yang bisa bekrembang di air tanah. 
 
Air tanah yang ada tentu saja harus dipastikan tingkat keamanan dan kebersihannya, apakah layak untuk dijadikan sumber air dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari atau tidak. Menggunakan supplier air bersih karawang akan mencegah Anda dalam berbagai macam bahaya air tanah yang terkontaminasi. Adanya bakteri yang bisa membuat banyak penyakit mulai dari daerah, sakit tenggarangan, dan pusing. Apabila air tanah mengandung timah, maka bisa menimbulkan hipertensi dalam waktu yang lama, seperti yang dilansir dari alodokter, 2021. 
 
Mengapa Harus Mengonsumsi Air Bersih yang Terjamin
Agar bisa hidup dengan sehat dan terhindar dari banyaknya penyakit yang berasal dari kualitas air yang rendah, maka mengkonsumsi air bersih yang sudah terjamin dari gunung adalah hal yang sangat baik untuk kesehatan. Supplier air bersih karawang memiliki sumber air yang berasal dari gunung-gunung di daerah Sukabumi, Bogor, dan Cianjur sehingga sudah terjamin kebersihannya dan juga keamanannya. 
 
Tidak perlu merasa khawatir karena supplier air bersih karawang memiliki tangki dengan kapasitas 8000 liter yang sangat besar dan juga bisa membuat banyak air bersih. Agar menjadi lebih mudah terdapat selang dengan panjang 20 meter yang selalu siap sedia di alam prose spengiriman. Konfirmasi lokasi dan juga kondisi sebelumnya akan mempermudah dalam penyelesaian panjang selang yang juga akan dilengkapi dengan pompa. Metode pengiriman supplier air bersih karawang juga dapat disesuaikan dengan permintaan. 
 
Sudah berdiri sejak 1979 sehingga supplier air bersih karawang sudan memiliki kolam sendiri. Hal ini akan sangat memudahkan ketika ada permintaan mendadak dan supplier air bersih karawang langsung bisa memenuhi permintaan tersebut. Supplier air bersih karawang dilengkapi dengan beberapa jenis dan ukuran dari mobil tangki seperti berikut:
 
1.     Mobil Tangki dengan kapasitas 5000 liter air
2.     Mobil Tangki dengan kapasitas 8000 liter air
3.     Mobil Tangki dengan kapasitas 16.000 liter air
4.     Mobil Tangki dengan kapasitas 32.000 liter air
5.     Mobil Tangki dengan kapasitas 36.000 liter air
Anda yang memiliki usaha makanan atau obat-obatan juga bisa mendapatkan pelayanan maksimal dari  Supplier air bersih karawang dengan mobil tangki khusus stainless steel. Tangki yang disediakan oleh Supplier air bersih karawang tentu saja anti karat dan bisa dalam keadaan panas. 
 
Untuk pengiriman ke wilayah Karawang juga tidak perlu khawatir karena harga dari Supplier air bersih karawang tidak mengikat sama sekali dan bisa berubah sesuai lokasi dari pengiriman. Pemesanan dapat dilakukan sehari sebelumnya dan pengiriman dilakukan pada malam hari sehingga tidak terjebak macet. Informasi lain seperti alamat yang lengkap dan jelas dan juga jarak lokasi pengisian air dengan jalan raya menjadi hal yang juga harus diperhatikan. 
 
Supplier air bersih karawang meliputi hampir seluruh daerah di Karawang sebanyak 30 daerah dengan setiap desa yang ada di dalamnya. 
1.     Banyusari 
2.     Batujaya 
3.     Ciampel 
4.     Cibuaya 
5.     Cikampek  
6.     Cilamaya Kulin 
7.     Cilamaya Wetan
8.     Cilebar
9.     Jatisari
10.  Jayakerta
11.  Karawang Barat
12.  Karawang Timur
13.  Klari
14.  Kotabaru
15.  Kutawaluya
16.  Lemahabang
17.  Majalaya
18.  Pakisjaya
19.  Pangkalan
20.  Pedes
21.  Purwasari
22.  Rawamerta
23.  Rengasdengklok
24.  Tegalwaru
25.  Tegalsari
26.  Telukjambe Barat
27.  Telukjambe Timur
28.  Tempuran
29.  Tirtajaya
30.  Tirtamulya
 
Tidak perlu khawatir mendapatkan air bersih, karena Supplier air bersih karawang menjadi alternatif yang akan sangat memudahkan Anda untuk bisa sehat dengan air bersih berkualitas. Supplier air bersih karawang melayani hampir seluruh daerah di Karawang dengan kecamatan dan juga desa terjauh. Ketika musim kemarau datang, mempercayakan Supplier air bersih karawang dibanding dengan dengan menggunakan air tanah yang belum bisa dipastikan tingkat kebersihannya menjadi hal yang sangat tepat untuk Anda dan keluarga. Memastikan seluruh keluarga tetap sehat dengan memilih air yang sudah terjamin dan berasal dari sumber yang pasti seperti menggunakan Supplier air bersih karawang adalah langkah yang tepat. 

jual air bersih, supplier air bersih, jual air bersih sukabumi, jual air bersih cianjur, jual air bersih bogor, jual air bersih depok, jual air bersih jakarta timur, jual air bersih jakarta barat, jual air bersih jakarta utara, jual air bersih jakarta selatan, jual air bersih jakarta pusat, jual air bersih bekasi selatan, jual air bersih bekasi timur, jual air bersih bekasi utara, jual air bersih tangsel, jual air bersih tangerang selatan, jual air bersih karawang barat, jual air bersih karawang timur.
supplier air bersih sukabumi, supplier air bersih cianjur, supplier air bersih bogor, supplier air bersih depok, supplier air bersih jakarta timur, supplier air bersih jakarta barat, supplier air bersih jakarta utara, supplier air bersih jakarta selatan, supplier air bersih jakarta pusat, supplier air bersih bekasi selatan, supplier air bersih bekasi timur, supplier air bersih bekasi utara, supplier air bersih tangsel, supplier air bersih tangerang selatan, supplier air bersih karawang barat, supplier air bersih karawang timur.
jual air tangki, supplier air tangki 
jual air tangki cianjur, jual air tangki sukabumi, jual air tangki bogor, jual air tangki depok, jual air tangki jakarta timur, jual air tangki jakarta utara, jual air tangki jakarta selatan, jual air tangki jakarta barat, jual air tangki jakarta pusat, jual air tangki tangsel, jual air tangki tangerang selatan, jual air tangki bekasi, jual air tangki karawang. supplier air tangki cianjur, supplier air tangki sukabumi, supplier air tangki bogor, supplier air tangki depok, supplier air tangki jakarta timur, supplier air tangki jakarta utara, supplier air tangki jakarta selatan, supplier air tangki jakarta barat, supplier air tangki jakarta pusat, supplier air tangki tangsel, supplier air tangki tangerang selatan, supplier air tangki bekasi, supplier air tangki karawang.
jasa isi air kolam renang, jual air kolam ikan, jual air kolam renang, supplier air kolam ikan, supplier air kolam renang, jasa isi air kolam renang di depok, jual air kolam ikan di depok, Jual air kolam renang di depok, supplier air kolam ikan di depok, supplier air kolam renang di depok, jasa isi air kolam renang di tangerang, jual air kolam ikan di tangerang, Jual air kolam renang di tangerang, supplier air kolam ikan di tangerang, supplier air kolam renang di tangerang, jual air kolam renang jakarta barat, jual air kolam renang jakarta pusat, jual air kolam renang jakarta selatan, jual air kolam renang jakarta timur, jual air kolam renang jakarta utara, jasa isi air kolam renang di bogor, jual air kolam ikan di bogor, Jual air kolam renang di bogor, supplier air kolam ikan di bogor, supplier air kolam renang di bogor, jasa isi air kolam renang di sukabumi, jual air kolam ikan di sukabumi, jual air kolam renang di sukabumi, supplier air kolam ikan di sukabumi, supplier air kolam renang di sukabumi, jasa isi air kolam renang di cianjur, jual air kolam ikan di cianjur, jual air kolam renang di cianjur, supplier air kolam ikan di cianjur, supplier air kolam renang di cianjur, jasa isi air kolam renang di bekasi, jual air kolam ikan di bekasi, Jual air kolam renang di bekasi, supplier air kolam ikan di bekasi, supplier air kolam renang di bekasi, jasa isi air kolam renang di karawang, jual air kolam ikan di karawang, jual air kolam renang di karawang, supplier air kolam ikan di karawang, supplier air kolam renang di karawang.
jual air pegunungan, supplier air pegunungan, jasa air pegunungan, jual air gunung salak bogor, air gunung.
jual air pegunungan cianjur, jual air pegunungan sukabumi, jual air pegunungan bogor, jual air pegunungan depok, jual air pegunungan jakarta timur, jual air pegunungan jakarta barat, jual air pegunungan jakarta utara, jual air pegunungan jakarta selatan, jual air pegunungan jakarta pusat, jual air pegunungan tangerang, jual air pegunungan tangsel, jual air pegunungan bekasi barat, jual air pegunungan bekasi timur, jual air pegunungan karawang barat, jual air pegunungan karawang timur.
supplier air pegunungan cianjur, supplier air pegunungan sukabumi, supplier air pegunungan bogor, supplier air pegunungan depok, supplier air pegunungan jakarta timur, supplier air pegunungan jakarta barat, supplier air pegunungan jakarta utara, supplier air pegunungan jakarta selatan, supplier air pegunungan jakarta pusat, supplier air pegunungan tangerang, supplier air pegunungan tangsel, supplier air pegunungan bekasi barat, supplier air pegunungan bekasi timur, supplier air pegunungan karawang barat, supplier air pegunungan karawang timur.
jasa air pegunungan cianjur, jasa air pegunungan sukabumi, jasa air pegunungan bogor, jasa air pegunungan depok, jasa air pegunungan jakarta timur, jasa air pegunungan jakarta barat, jasa air pegunungan jakarta utara, jasa air pegunungan jakarta selatan, jasa air pegunungan jakarta pusat, jasa air pegunungan tangerang, jasa air pegunungan tangsel, jasa air pegunungan bekasi barat, jasa air pegunungan bekasi timur, jasa air pegunungan karawang barat, jasa air pegunungan karawang timur.
jasa air pegunungan cianjur, jasa air pegunungan sukabumi, jasa air pegunungan bogor, jasa air pegunungan depok, jasa air pegunungan jakarta timur, jasa air pegunungan jakarta barat, jasa air pegunungan jakarta utara, jasa air pegunungan jakarta selatan, jasa air pegunungan jakarta pusat, jasa air pegunungan tangerang, jasa air pegunungan tangsel, jasa air pegunungan bekasi barat, jasa air pegunungan bekasi timur, jasa air pegunungan karawang barat, jasa air pegunungan karawang timur.
air gunung cianjur, air gunung sukabumi, air gunung bogor, air gunung depok, air gunung jakarta timur, air gunung jakarta barat, air gunung jakarta utara, air gunung jakarta selatan, air gunung jakarta pusat, air gunung tangerang, air gunung tangsel, air gunung bekasi barat, air gunung bekasi timur, air gunung karawang barat, air gunung karawang timur.


Tidak ada komentar:
Write komentar

Lokasi strategis, tetapi mobil tankinya bikin rusak jalan didepan lokasi depotnya. Tolong pengelola bisa lebih bertangungjawab.


Iwan Kristiono

Local Guide - Tingkat 6