X

Follow Me!

Show your Support. Become a FAN!

Contact Us


Air Gunung Salak

 

Keberadaan Gunung Salak sangatlah penting bagi masyarakat Bogor dan sekitarnya. Betapa tidak, ba­nyak jiwa yang menggantungkan sarana supplier air bersih dari mata air yang terkandung di dalamnya. Bukan hanya masyarakat Bogor, warga Jakarta pun sering meng­gunakan supplier air bersih tersebut. Banyak de­pot air minum di Jakarta, Tangerang dan Bekasi yang menggunakan air dari Gunung Salak.
Seorang sopir tangki Ridwan mengaku tiga kali membawa supplier air bersih untuk di­jual ke depot air minum di kawasan Ja­bodetabek ”Saya bisa tiga rit bawa air dan kawan-kawan saya juga sama. Saat ini tangki yang membawa supplier air bersih dari Gunung Salak berjumlah ratusan,” akunya.
Menurut dia, bukan cuma untuk depot air minum yang biasa dikonsumsi masy­arakat menengah bawah, sumber daya air dari Gunung Salak dan sekitarnya juga dibawa tangki berkapasitas besar dan dijadikan bahan baku untuk pro­duksi Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) di beberapa wilayah.
Selain dibawa ke luar Bogor, lanjut dia, sumber air Gunung Salak juga digunakan untuk industri minuman di sekitar kaki Gunung Salak. Menyikapi hal itu, ang­gota dewan dari dapil 3 Edwin sumarga mengatakan bahwa keberadaan Gunung Salak harus dilestarikan dan dijaga ka­rena banyak kepentingan masyarakat disana.
“Perlu ada upaya pelestarian ke­seimbangan ekosistem alam di Gunung Salak karena keberadaannya sangat pen­ting,” 

Tidak ada komentar:
Write komentar

Lokasi strategis, tetapi mobil tankinya bikin rusak jalan didepan lokasi depotnya. Tolong pengelola bisa lebih bertangungjawab.


Iwan Kristiono

Local Guide - Tingkat 6