Begini Tata Ruang Jasa Jual Air Bersih yang Memenuhi Syarat

 

Air bersih adalah salah satu kebutuhan dasar manusia. Yang menjadi masalah saat ini adalah persentase persediaan air bersih dunia yang semakin menurun dari tahun ke tahun. Problem ini kemudian dibaca sebagai peluang oleh beberapa orang dengan membuka bisnis jasa jual air bersih. Di kota-kota besar seperti Jabodetabek, bisnis jenis ini hampir sama ramainya dengan agen penjual pulsa.

Namun yang perlu diperhatikan adalah tidak semua air yang dijual sebenarnya layak dikonsumsi. Beberapa air bahkan diolah dengan prosedur yang sama sekali jauh dari standar yang seharusnya. Dari mulai sumber air yang meragukan, sampai pula pada tata ruang pengolahan yang sama sekali tidak bisa dipertanggungjawabkan kebersihannya.

Tata Ruang Jasa Jual Air Bersih yang Memenuhi Syarat Kelayakan

Air berkualitas sesuai dengan standar Menteri Kesehatan memiliki banyak indikator yang menjadi ukuran untuk menetapkan kualitasnya. Untuk supplier air wilayah Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, dan Jakarta Pusat, standar aturan ini bisa sangat ketat diberlakukan. Terlebih lagi misalnya, bagi supplier yang memasok kebutuhan air bersih untuk perusahaan, komplek real estate, ataupun rumah sakit.

Dilihat dari tata ruang, setidaknya ada 3 standar kelayakan utama bagi setiap jasa penjual air bersih. 3 standar tata ruang ini terbagi atas ruang pencucian galon, ruan filtrasi, dan juga ruang pengisian galon atau filling. Berikut penjelasan untuk masing-masing tata ruang tersebut:

Ruang Pencucian Galon

Galon yang dikembalikan untuk diisi ulang dengan air bersih kembali, bisa saja telah tercemar dengan kotoran, bakteri, atau pun debu. Supaya kotoran yang melekat pada galon tersebut tidak ikut mencemari yang lainnya, maka ruangan pembersihan galon harus dipisahkan dari ruang lainnya.

Jasa jual air bersih jabodetabek dan kota besar seperti Jakarta, menetapkan standar sesuai syarat dari sisi tata ruang pencucian galon. Selain pemisahan ruang pencucian sebagai upaya pencegahan kontaminasi bakteri, prosedur pencucian menggunakan ultraviolet, ozon, ataupun steam, juga sudah umum dilakukan pada jasa yang layak tata ruangnya di kota-kota tersebut.

Ruang Filtrasi

Ruang filtrasi adalah ruang dimana air bersih yang dijual kepada konsumen diproses dan dihasilkan. Dikarenakan proses mulai dari penyaringan hingga air siap minum terletak dalam ruang tersebut, maka tentu saja kondisi sterilnya harus terjaga. Ruang filtrasi yang sesuai dengan standar kelayakan pada umumnya selalu berbentuk ruang tertutup.

Meskipun di Jakarta aturan tentang ruang filtrasi cukup ketat, namun ada juga misalnya jasa jual air bersih di Jabodetabek yang tidak menerapkan konsep ruang tertutup. Biasanya hal ini didapati pada jasa penjual galon isi ulang di pemukiman padat penduduk yang space ruang  produksi mereka terbatas. Namun umumnya, meskipun tidak dalam ruang tertutup, selalu ada sekat pembatas antara ruang filtrasi dan ruang lainnya.

Ruang Pengisian Galon atau Filling

Selain harus steril dan bebas dari kontaminasi bakteri dan debu, ruang filling juga umumnya berbentuk transparan dan tertutup. Akan tetapi yang tak kalah penting dari kelayakan standar ruang pengisian ini adalah operator pengisian air galon itu sendiri.

Menurut standar yang semestinya, seorang operator pengisian galon diharuskan memiliki fisik yang sehat rohani dan jasmani. Selain itu, seorang operator pengisian galon juga wajib melakukan tes kesehatan secara berkala untuk memastikan bahwa air yang diisi ke dalam galon tidak akan terkontaminasi oleh kondisi kesehatan sang operator.

Pada wilayah yang mungkin jauh dari pengawasan Kementerian Kesehatan, standar kelayakan pengisian air bersih dapat saja berbeda. Bahkan pada wilayah sekitar Jabodetabek saja seperti Cianjur, Sukabumi, Bogor, Depok, Bekasi, Tangerang, Banten, Karawang Timur, dan Karawang Barat, prosedur pengawasan standarisasi air bersih untuk galon juga bisa berlainan.

Di Jakarta umumnya para supplier besar air bersih akan memperhatikan dengan seksama tata ruang produksi mereka. Ini bisa saja berbeda misalnya dengan jasa jual air bersih Jabodetabek ataupun daerah lainnya. Salah satu pemasok kebutuhan air bersih terpercaya di wilayah Jakarta adalah CV. Anugrah Mandiri. Dari segi tata ruang produksi, perusahaan ini sudah sangat memenuhi standar kelayakan.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Lokasi strategis, tetapi mobil tankinya bikin rusak jalan didepan lokasi depotnya. Tolong pengelola bisa lebih bertangungjawab.


Iwan Kristiono

Local Guide - Tingkat 6