Isi Ulang Air Kolam Renang di Bekasi

 

 Ini Dia Hal-hal Penting yang Harus Diperhatikan Ketika Isi Ulang Air Kolam Renang di Bekasi

Ketika Anda memiliki kolam, baik itu kolam renang maupun kolam ikan, harus selalu dirawat dan diperhatikan kualitas airnya. Oleh karena itu, harus ada pengisian ulang secara berkala untuk mempertahankan kandungan air bersih dari kolam tersebut. Untuk Anda yang berada di Jabodetabek, sudah banyak jasa isi air kolam renang di Bekasi yang bisa mencakup lokasi cukup jauh. Sebelum melakukan pengisian ulang, ada baiknya perhatikan beberapa hal penting berikut ini.

Spesifikasi  Air Kolam Renang yang Bagus

Langkah pertama yang harus diperhatikan ketika akan isi ulang air kolam renang di Bekasi adalah cek spesifikasi airnya. Apakah sudah sesuai dengan kriteria air yang bagus atau belum. Ini sangat penting diperhatikan supaya Anda dan keluarga aman ketika memakai kolam tersebut. berikut adalah beberapa hal yang perlu dicek.


  • Cek Kualitasnya

Kualitas air di sini meliputi kandungan oksigen, pengolahan airnya, dan masih banyak lagi. Biasanya air kolam yang bagus terlebih dahulu sudah disaring menggunakan filter tanah diatom. Selain itu mulai dari bau, warna, dan lainnya juga harus diperhatikan.

  • Kecepatan Aliran Selang dan Lama Pengisian

Anda juga harus terlebih dahulu menanyakan berapa lama kecepatan air selang yang akan dialirkan  dari kendaraan ke kolam. Hal ini untuk mencegah kontaminasi selama pengaliran dilakukan. Biasanya waktu aliran selang akan berkisar 500 galon per jam. Atau kalau pakai pompa bisa lebih cepat sekitar 18.000 galon per jam. Biasanya setiap jasa jual air kolam renang di Bekasi sudah ada spesifikasi kecepatan aliran air selang tersendiri sesuai dengan SOP.

  • Sumber Air yang Digunakan

Ada beberapa sumber air yang bisa diambil untuk pengisian air kolam contohnya seperti air pegunungan ataupun air kolam. Kedua sumber ini bisa menjadi pilihan ketika Anda mencari tukang jual air kolam ikan di Bekasi ataupun kolam renang. Hanya saja keduanya beda proses akhir. 

  • Kandungan Air

Seperti pada cek kualitas, pastikan air kolam renang yang akan dipakai tidak mengandung besi, mangan, ataupun tembaga. Hal ini karena ketiga zat kimia tersebut merupakan logam yang sering membuat kulit iritasi dan alergi. Selain itu juga bisa mengakibatkan gatal-gatal alergi.

  • Diklorinasi

Anda juga harus memutuskan apakah memakai air dengan klorin atau tidak. Kalau pakai klorin biasanya akan lebih lama bersih, tetapi ada sebagian orang yang alergi dengan klorin, akan lebih baik ketika Anda mempunyai anak, cek dulu apakah alergi dengan klorin atau tidak. Biasanya supplier air kolam renang di Bekasi sudah memiliki patokan tersendiri untuk masalah pemberian klorin. Standarnya, diklorinasi ini biasa antara 0,5 sampai dengan 1,5 ppm dengan menggunakan bahan klor yang telah distabilkan.

Sumber Air Kolam

Ganti lagi pembahasan mengenai jenis-jenis sumber refill air kolam renang di Bekasi. Ini tergantung mana yang paling mudah dijangkau. Tetapi Anda bisa request  sendiri kepada pihak jasa yang digunakan. Biasanya air yang terbaik dan banyak diminta adalah dari gunung Salak Bogor, tetapi kalau jauh yang tidak bisa dipaksakan, ada beberapa pilihan air yang bisa Anda dapatkan, simak penjelasannya berikut ini.

  • Air Sumur

Air sumur ini mungkin bisa menjadi salah satu pilihan yang cukup layak untuk pengisian kolam Anda. kalau dilihat dari segi biaya juga akan lebih terjangkau. Salah satu hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan air sumur adalah kualitasnya. Biasanya karena dipompa dari dalam tanah, akan membuat baunya agak berbeda. Selain bau belerang, periksa juga kadar besi, mangan, tembaga, dan masih banyak lagi supaya air ini aman untuk digunakan.

  • Air Pegunungan

Air pegunungan memang adalah salah satu sumber air kolam terbaik yang bisa Anda pilih. Bahkan tidak hanya kolam renang, supplier air kolam ikan di Bekasi juga bisa mengambil dari sumber satu ini untuk kesehatan ikan yang akan menempati kolamnya. Tetapi yang perlu digaris bawahi, air gunung ini tersedia berlimpah, kemudian juga akan terasa nyaman bagi pemilik rumah. Kandungan mineral air gunung juga cukup aman kalau dipakai oleh anak-anak.

  • Air PAM/ PDAM

Kalau lingkungan Anda kualitas air sumurnya cukup rendah, kemudian jauh dari pegunungan, salah satu jalan keluarnya adalah dengan meminta jasa pengisian kolam renang menggunakan air PAM air PDAM di Bekasi. Memang agak mahal, tetapi kualitasnya sudah terjamin. Selain itu juga dijamin cukup bersih karena sudah melewati proses filter dan penjernihan. Kalau dibanding air sumur atau pegunungan, lebih hemat di biaya pengangkutan dan waktu.

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Melakukan Pengiriman

Ketika Anda sudah memutuskan untuk menggunakan jasa pengisian air kolam renang di Bekasi, serta sudah menentukan jenis air apa yang akan dipakai, tentunya pengiriman juga harus menjadi perhatian selanjutnya. Biasanya biaya dan pengangkutan akan disesuaikan dengan jarak dan jenis air yang digunakan. Jadi, selain memikirkan kualitas, Anda juga harus menyesuaikan budget dan kepraktisan ketika akan memesan jasa penyedia air kolam ini. 

  • Biaya

Biasanya biaya yang akan ditagih kepada pengguna jasa pengisian kolam didasarkan pada beberapa aspek. Pertama, jenis air apa yang akan Anda gunakan? Contohnya saja kalau Anda memilih kolam renang air pegunungan di Bekasi, akan dihitung berapa jarak tempuh untuk pengiriman air. Cara mendapatkan air dan jauhnya jarak rumah Anda juga akan menjadi pertimbangan pihak penyedia air kolam. Selain itu, jenis angkutan yang digunakan juga bisa menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan.

  • Truk yang Digunakan

Anda juga harus memilih mau memakai jenis mobil truk tangki air kolam renang di Bekasi yang ukuran berapa? Biasanya proses pengiriman membawa truk tangki ukuran 8000 liter. Atau kalau memang dibutuhkan, bisa yang lebih besar dibandingkan dengan ukuran 8000 liter tersebut. Anda juga akan mendapatkan fasilitas selang sepanjang 20 meter atau lebih, disesuaikan juga dengan jarak dari mobil truk dengan kolam yang akan diisi. Pastikan mobil tersebut anti korosif dan PH-nya relatif stabil.

Cara Perawatan Air Kolam Setelah Pengisian

Setelah pengisian air kolam selesai, tentunya Anda tidak bisa membiarkannya begitu saja. ada beberapa perawatan berikut ini yang harus Anda lakukan. 

  • Memberi Kaporit pada Kolam Renang

Langkah pertama adalah dengan memberikan kaporit pada air di kolam renang. Anda bisa menggunakan 1 kg kaporit atau kurang, sesuaikan saja dengan besar kolamnya. Kaporit ini digunakan untuk mengejutkan kolam renang supaya bakteri dan lumut mati.

  • Menggunakan Terusi di Kolam Renang

Anda juga bisa menggunakan terusi pada kolam renang supaya airnya kembali berwarna biru dan jernih. Ini dilakukan kalau air kolam selesai dibersihkan dari endapan.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk isi ulang air kolam renang. Pilih dengan benar supplier air kolam renang di Bekasi yang kompeten dan mementingkan kualitas air yang akan mengisi kolam Anda.


Tidak ada komentar:
Write komentar

Lokasi strategis, tetapi mobil tankinya bikin rusak jalan didepan lokasi depotnya. Tolong pengelola bisa lebih bertangungjawab.


Iwan Kristiono

Local Guide - Tingkat 6