X

Follow Me!

Show your Support. Become a FAN!

Contact Us


Cara Membuat Air Bersih Ketika Banjir

 


Liputan6.com, Jakarta : Air bersih merupakan masalah utama saat banjir datang. Persiapkan diri Anda jika memang daerah Anda termasuk rawan banjir.

Berikut ini ada beberapa cara alternatif untuk mendapatkan air bersih saat banjir, seperti dikutip dari FDA, kamis (17/1/2013)

1. Buat air bersih sendiri

Saring air yang keruh menggunakan kain bersih dan siapkan botol air yang tidak terkena banjir. Tapi untuk air minum, jika tidak ada botol yang tersedia, Anda bisa mendidihkan air, kemudian bisa menyimpan di wadah bersih.

Siapkan wadah bersih, buat air bersih dengan cara teteskan 8 sendok teh bahan pemutih tidak berbahaya (bleach) untuk 1 galon air.

2. Siapkan peralatan untuk membuat air bersih

Siapkan perlengkapan untuk membuat air bersih sesuai dengan kebutuhan seperti saringan, pemutih pakaian (bleach) yang tidak mengandung pewangi, cairan yodium, klorin ataupun peralatan untuk keperluan disinfektan lainnya.

3. Jangan lupa untuk menyiapkan air minum dalam kemasan

Bila Anda dan atau keluarga bersikeras untuk tinggal di rumah dan tidak mengungsi, Anda juga perlu menyiapkan air minum dalam kemasan untuk berjaga-jaga ketika tidak ada lagi air bersih yang didapat.

4. Manfaatkan air hujan atau sumber air lainnya

Jika Anda tidak bisa mendapatkan air bersih, mungkin Anda bisa memanfaatkan air hujan atau sumber air lainnya. Siapkan wadah yang banyak untuk menampung air hujan dan sebisa mungkin saring air tersebut hingga bersih, baru kemudian bisa Anda gunakan.

Oleh Fitri Syarifah
Sumber : Liputan6

Tidak ada komentar:
Write komentar

Lokasi strategis, tetapi mobil tankinya bikin rusak jalan didepan lokasi depotnya. Tolong pengelola bisa lebih bertangungjawab.


Iwan Kristiono

Local Guide - Tingkat 6