X

Follow Me!

Show your Support. Become a FAN!

Contact Us


Teknologi Penghasil Air Minum Di Tengah Kelangkaan Air Bersih

 



Lupa menutup air kran sudah menjadi kebiasaanku. Kalau lagi ngisi air ember, selalu di tinggal pergi. Biasanya nonton tv dulu selagi ngisi air. Sakin asiknya, malah kelupaan haha. Buru-buru deh balik ke kamar mandi. Dan apa yang terjadi?





Air ember lubeeeeeer. Lantai banjir dan air terbuang sia-sia. Belum lagi adikku, mandinya rame banget, bawa-bawa pistol air lah itu lah, semprot sana semprot sini, tembok kamar mandi basah semua. Giliran ibuku mau mencuci baju, airnya seret. Waktu itu kami masih pakai jet pump. Mau ga mau ya, ibuku pompa air lagi. Butuh waktu berjam-jam menunggu airnya penuh. Jadi cucian ibu makin numpuk. Mungkin kesal kali ya.. hehe, ibuku jadi marah-marah sendiri, semuanya di omelin. Gara-gara ngabisin air haha.



Hobi buang-buang air ini pun berhenti, ketika jet pump di rumah kami sulit mengangkat air alias ngempos. Persediaan air di rumah kami benar-benar habis. Terpaksa ibuku minta air musholla samping rumah. Ember demi ember di pakai menampung air. Bolak-balik ke musholla ngegotong ember penuh itu.., nyiksa! hiks. Mandi saja kami harus menggunakan air seiri-irit mungkin, biar persediaan air embernya ga cepat habis. Ternyata kerasa banget pusingnya mikirin air. Apa lagi jika seperumahan ga ada air bersih ya? beh..
Sampai akhirnya ayahku berlangganan air PDAM. Semenjak berlangganan air pam, ibuku makin bawel..,
“Gayungnya jangan penuh-penuh!”



“Jangan lupa tutup krannya..!!”



“Buka krannya jangan gede-gede..!!!”



“Heh!! awas itu airnya luber…!!!”
Kalimat-kalimat lontarannya bikin gaduh suasana rumah. Aku mengerti sih kenapa ibuku s-was itu. Soalnya tarif air pam, sesuai dengan jumlah air yang terpakai. Jangan sampai kaya dulu lagi, ngeluberin air bak hehe. Itu namanya pemborosan! makanya ibuku bilang, kita harus hemat air! baik di kamar mandi, di halaman rumah, maupun untuk mencuci.



Mengingat kejadian krisis air di rumah sangat menggelitik haha. Perlahan-lahan aku menyadari akan pentingnya air bersih. Sangat di sayangkan, sudah berapa liter air yang kebuang waktu itu? rasanya mubazir. Padahal di luar sana banyak orang-orang yang kekurangan air bersih. Menyesal sih, tapi janji ga akan di ulang lagi kebiasaan itu.


f365ac16b7e6ed40a6cea402e2f13a2b_please





06988c3e7a9304f44bfcc0d33c5d8fea_sumber-kehidupan-copy


Ya.. tanpa air kita mungkin pusnah. Air tidak pernah lepas dari kehidupan kita. Makhluk hidup pasti membutuhkan airAir yang bersih berperan penting dalam kehidupan manusia. Air adalah bahan esensial yang senantiasa berhubungan dengan beragam aktifitas manusia. seperti memasak, mencuci, membersihkan diri dan yang paling utama adalah untuk di konsumsi. air minum yang kita konsumsi sangat bermanfaat bagi tubuh. Air merupakan elemen penting bagi mekanisme tubuh. Semua sel dan fungsi organ tubuh seluruhnya bergantung pada airAir membentuk lebih dari dua pertiga berat tubuh manusia. Jumlah total air dalam tubuh orang dewasa rata-rata adalah 37 liter. Otak manusia 75% air, Tulang manusia 25% air dan darah manusia 83% air. Wah..begitu besarnya ketergantungan kita terhadap air. Tanpa air, kita tidak mungkin bisa hidup.


3236127d10c3148996a25b73308a6504_minum



Tuhan kita menciptakan air sebagai nikmat dan karunia yang luar biasa bagi manusia. Semua makhluk hidup dari yang bergerak maupun yang tidak bergerak mustahil bisa bertahan hidup tanpa air. Karena air adalah sumber kehidupan di alam ini. Sudah sepantasnya kita bersyukur atas pemberian dan karuniaNya. Sebagai manusia kita juga harus peduli terhadap kelestarian sumber air bersih. Menjaga sumber air dari pencemaran, berarti kita bisa menjaga keseimbangan air dan pergerakan air di muka bumi. Namun masih sedikit orang yang menyadarinya. Bayangkan jika di dunia ini sudah tidak ada lagi air bersih, apa yang akan terjadi terhadap kehidupan kita? Mungkin kita akan meminum air limbah. Sama seperti meracuni diri kita sendiri. hii~


852bcf5bd01b3ea8add7e29e72efb442_kotor




fa38dd12175942edad4b13c8f6bf446d_2



Bumi kita mempunyai kekayaan alam yang sangat melimpah. Lebih dari kumpulan materi yang tersedia di bumi. Termasuk sumber daya airnya. Jumlah total air di bumi memiliki volume sekitar 344 juta kilometer kubik dan 315 juta kilometer kubik air laut. Berikut rincian totalnya:


de7a6cd0ad73937589140d58067c9661_persentase-air


  1. 9 juta mil kubik air tanah dalam akuifer.

  2. Posisi 7 juta mil kubik air beku dalam es di kutub.

  3. 53000 kilometer kubik air melewati danau dan sungai.

  4. 4000 kilometer kubik air kelembaban atmosfer. ——————–…………………….–

  5. 3400 kilometer kubik air terkunci di dalam tubuh makhluk hidup.
Di Indonesia sendiri ketersediaan airnya sebesar 15.500 meter kubik perkapita pertahun. Jauh lebih tinggi dari tingkat ketersediaan global yang rata-ratanya hanya 600 meter perkubik. Luar biasa banyaknya sumber air yang di peroleh dari perut bumi Indonesia kita. Nah, salah satunya Sumber Air Bersih.

Sumber Air Bersih Yang Sering Kita Jumpai




1. AIR MATA AIR

89ed9cabbd08bd93595163d256c93770_gambar-akuifer-dlm-lapisan-tanah

 
b034c8667c68708593be87dbfab7f338_sake_water_nara_spring




Mata air merupakan titik keluarnya air tanah. Air tanah Merupakan sumber air yang paling murni. Air tanah adalah air yang terdapat dalam lapisan tanah atau bebatuan yang berada di bawah permukaan tanah.Air tanah tersebut tersimpan dalam lapisan yang disebut akuifer. Akuifer merupakan sumber air tanah yang sangat penting. Akuifer tersebut dapat dijumpai pada dataran pantai, daerah kaki gunung, lembah antar pegunungan, dataran aluvial dan daerah topografi karst Air tanah merupakan salah satu sumber daya air yang mempunyai peranan penting dalam menjaga keseimbangan dan ketersediaan bahan baku air untuk kepentingan rumah tangga dan industri. Air tanah memegang peranan penting dalam siklus makhluk hidup. Air tanah merupakan salah satu sumber daya air yang keberadaannya terbatas dan kerusakannya dapat mengakibatkan dampak yang luas serta pemulihannya sulit dilakukan.

2. AIR SUNGAI

bd23445a4fb198fb51a2f7939105826f_sungai

 
eb922c7d8b75da93b0ec305652df1757_images


Lebih dari 40000 kilometer kubik air segar di peroleh dari sungai. Nah, dari sinilah sumber air kran PDAM. Untuk mengubah air sungai menjadi air bersih dan segar, pengelolaan PDAM harus melewati beberapa tahapan proses, di antaranya:

  • Koagulasi / flogulasi yaitu proses pemisahan air dari partikel-partikel berukuran besar, seperti tanah, kotorah hewan, senyawa kimia dll.

  • Sedimentasi yaitu proses penampungan air sementara untuk pengendapan. agar mempermudah proses pemisahan

  • Filtrasi / penyaringan dengan cara menyaring dari partikel-partikel kecil sehingga air lebih bersih

  • Disenfektan, yaitu proses membunuh mikroorganisme yang membahayakan manusia

Hem.., prosesnya sederhana dan efektifkan? iya, bila sumber air yang di gunakan ‘isinya’ hanya partikel-partikel ‘biasa’ seperti debu atau sampah organik. Tapi bila sungai yang menjadi sumber air kran ini di kotori oleh senyawa lain yang lebih berbahaya? air limbah dari pabrik misalnya? wuuh.. butuh proses yang lebih berat lagi untuk penjernihan. (menggeleng-gelengkan kepala)
Sepintas kita berfikir, dari sekian banyaknya jumlah debit sumber daya air yang di miliki Indonesia mencukupi kebutuhan air bersih untuk penduduk. Tapi FAKTANYA, di berbagai daerah dan kota-kota besar di Indonesia mengalami krisis air bersih. Di daerah-daerah, ketergantungan manusia terhadap bumi dan air masih menjadi kekhawatiran. Betapa tidak, Nusa Tenggara Timur dan sebagian kecil daerah Jawa termasuk wilayah paling potensial terjadi krisis air, ketika tanda-tanda ke arah sana sudah nampak sekarang. Kepala Dinas PU Provinsi NTT kepada media pada awal Januari lalu mengungkapkan, masih ada setidaknya enam kabupaten di wilayahnya yang mengalami krisis air bersih, yakni Kupang, Ende, Sikka, Flores Timur, Belu, dan Sumba Timur. Defisit air bersih di seluruh wilayah NTT mencapai 1,2 miliar meter kubik per tahun. Siklus air yang sifatnya empat bulan musim basah dan delapan bulan musim kering menjadi tantangan berat bagi penduduk. Bukan hanya yang hidup dari pertanian, tetapi juga penduduk secara keseluruhan. Standar pemenuhan air tubuh yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan yakni 30 liter per orang per hari terasa sangat utopis, karena pada kenyataannya warga masih harus membeli air yang di beberapa dusun dibatasi maksimal dua puluh liter setiap keluarga.



fb8cb7d87b21204b0d42d36a652726e8_3



Dalam hatipun bertanya-tanya, Mengapa bisa seperti itu? padahal Indonesia kan kaya akan airnya? tapi kenyataan berbanding terbalik dengan keadaan yang di alami masyarakat. Mereka sangat sulit untuk mendapatkan air bersih, seperti di lansir indosiar.com Tegal (Jumat, 31-08-2012) Kekeringan akibat kemarau panjang, mulai di rasakan warga di sejumlah daerah. Akibat kemarau panjang, warga Tegal, Jawa Tengah, terpaksa mengkonsumsi sisa air sungai yang keruh. Bahkan untuk mendapatkan air tersebut, warga harus menempuh perjalanan hingga tiga kilometer dari desa mereka. Warga terpaksa minum air kotor sisa sungai. Kenapa bisa separah itu? setidaknya walaupun sungai kering akibat musim kemarau bukankah ada cadangan air tanah? Kenyataannya memang sama sekali tidak ada. air tanah kering, sumur-sumur kering. Kabarnya dalam tiga hari terkahir seluruh sumber air kering. Bantuan air bersih satu-satunya harapan warga.


Berbagai krisis sumber air bersih menjamur di Indonesia




052674e08b290ec90772f23d93a73d6b_133731_nenek

 Detiknews ,Jakarta –Sulit air bersih, seorang nenek terpaksa wudu dengan air banjir. Banjir yang menggenangi ratusan rumah di Kampung Pulo, Jakarta Timur, berdampak pada terhambatnya aktivitas warga. Nenek Artinah (72), bahkan terpaksa berwudhu dengan air banjir yang menggenangi rumah.


__________________________________________________


c7f628e4d7bbd8cfd2c46a0dadfbc058_batamdalam

 Detiknews ,Batam–Ratusan warga hutan lindung di Batam demo meminta saluran air minum. Ratusan warga yang tinggal di kawasan Hutan Lindung Tanjung Buntung, Kecamatan Bengkong, Batam menggeruduk kantor Badan Pengusahaan Kawasan-Batam (BP-Kawasan). Merekamendesak dibuatkan aliran air minum ke permukiman.

__________________________________________________



16f664ef342df55395fccf6cc62eb8b8_121239_582856_pdam_air_bersih

 Detiknews, Sungairaya–Warga Kubu raya krisis air bersih. Hujan yang tak kunjung turun membuat sebagian warga di dusun Mulyorejo, Desa Limbung, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalbar mulai kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Cadangan air bersih yang disimpan di dalam drum-drum sudah mulai menipis.

__________________________________________________


5274362c5ca979cb89ae70411bbe7e03_111337_408577_sawa_kering_bocah

 Detiknews, Bogor–Kekeringan di Bogor, warga krisis air bersih.Kawasan Bogor yang dikenal sebagai Kota Hujan, ternyata bisa juga mengalami kekeringan. Setidaknya ada empat kecamatan di Bogor yang meliputi Tenjo, Tajurhalang, Cariu, Tanjungsari, Cigudeg serta beberapa daerah lainnya juga mengalami kekeringan

__________________________________________________



608f3361092932a2e4382ebd0b8d09c2_3473280712-nasional3

 Detiknews, Cilacap– Meluas, krisis air bersih di Cilacap. Krisis air bersih akibat kekeringan yang melanda wilayah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, semakin meluas. Hingga akhir pekan lalu BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Cilacap mencatat setidaknya sudah ada 12 kecamatan yang dilanda krisis air bersih.

__________________________________________________



1563c90d2bda2199d23c88ec9564b0bd_penyebab




83c5ea1f434607520a70c9c2c7b2d94c_1265-2-life-water



24ce31432b565bfbf4c16292844ab9c7_pusing





fa202a307c26fa959762cd8e19a0292e_penyebab-air-langka-1





df64107dd87f4002299ca52f42ce025f_penyebab-air-langka-2




b8d66a95da97f06077a35241c8adcde4_penyebab-air-langka-3




4b2db8ed101146e1e6e55c3ff912125b_limabaru




3a9fcce440d39b3a0dd3d27311691fb1_enaaaaam


Ya! Tentu saja ada. Cara untuk mencegah terjadinya krisis air bersih yaitu dengan melestarikan sumber air bersih



837bbaaac3b95794268299ab843bd130_save_water___save_life_by_d_signeer

 
16538aba75a29822ccc964e7b8c65a87_392383_420484424676736_1029855653_n_large




a8390764835bf500362f8dc438ffbd44_untitled-2


  • Pemeliharaan kelangsungan fungsi resapan air dan daerah tangkapan air pengendalian pemanfaatan sumber air.


  • Pengisian air pada sumber pengaturan prasarana dan sarana sanitasi.


  • Perlindungan sumber air dalam hubungannya dengan kegiatan pembangunan dan pemanfaatan lahan Pada sumber air.


  • Pengendalian Pengolahan tanah di daerah hulu.

  • Pengaturan daerah sempadan sumber air.

  • Rehabilitasi hutan dan lahan dan atau pelestarian hutan lindung , kawasan suaka alam, kawasan pelestarian alam.

Harapan Belum BerakhirMasih Ada Hal-Hal Yang Bisa Kita Lakukan!!


1. MEMBUAT HUTAN KOTA DAN TAMAN-TAMAN KOTA


Taman perkotaan yang merupakan lahan terbuka hijau, dapat berperan dalam membantu fungsi hidroorologi dalam hal penyerapan air dan mereduksi potensi banjir. Pepohonan melalui perakarannya yang dalam mampu meresapkan air ke dalam tanah, sehingga pasokan air dalam tanah (water saving) semakin meningkat dan jumlah aliran limpasan air juga berkurang yang akan mengurangi terjadinya banjir
2. MENATA ULANG TATA KOTA AGAR BERBASIS EKOLOGI
Upaya pengelolaan lahan perkotaan berbasis ekologis, adalah salah satu bentuk penataan ruang di perkotaan yang bertanggungjawab dalam mempertahankan kualitas lingkungannya. Terdapat empat langkah yang perlu sebelum menentukan atau menetapkan guna lahan ekologis di perkotaan 1. Land Cover , 2. Land Unit 3. Land Suitable , 4. Land Use .
3. MEMBUAT RUMAH UNTUK CACING TANAH UNTUK MENANGGULANGI KELANGKAAN AIR PADA MUSIM KEMARAU.
Mengapa cacing tanah? Cacing tanah adalah organisme dari kelas oligochaeta yang mampu menembus tanah hingga kedalaman 8 m. Dengan membuat satu rumah cacing, paling tidak kita akan mendapatkan sebidang tanah dengan dimensi 8 x 8 x 8 m yang pori-porinya cukup ramah untuk menerima limpasan air hujan dan menyimpannya pada kedalaman yang lebih dalam.
4. MELAKUKAN UPAYA KONSERVASI AIR DENGAN CARA MENAMPUNG ATAU MENYIMPAN AIR PADA SAAT BERLEBIH UNTUK DI GUNAKAN PADA SAAT DI BUTUHKAN (KEMARAU). TERUTAMA UNTUK PEMENUHAN KEBUTUHAN DOMESTIK
penyimpanan lengas tanah bertujuan untuk mencegah runoff dan menyimpan air hujan di tempat dimana ia jatuh dari langit sebanyak mungkin. Perbedaan di antara dua macam teknologi ini tidak terlalu jelas, terutama kalau daerah-tangkapan hujan (penghasil runoff ) sekalanya sangat kecil. Selain itu, teknologi penyimpanan lengas tanah dapat diaplikasikan di daerah lahan budidaya pertanian. Air hujan yang dipanen dapat digunakan untuk multi tujuan seperti menyiram tanaman, mencuci, mandi dan bahkan dapat digunakan untuk memasak

5. PEMBANGUNAN WADUK
Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan, memperbanyak pembuatan waduk, maka manajemen sumber daya air dapat diperbaiki. Untuk mengatasi kekeringan, pemerintah telah rutin mengirimkan air dengan tangki untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan air minum.”Kami perbanyak pembuatan waduk sehingga memperbanyak penampungan air. Pemerintah juga menyediakan alat penjernih air portable,” kata Djoko di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (6/9/2012).
6. MENJAGA KELESTARIAN SAWAH SEBAGAI PRESERVASI AIR
Upaya konservasi air dapat dilakukan dengan perbaikan di daerah tangkapan air (catchment area) berupa penghutanan kembali (reboisasi), pembuatan bangunan penghambat aliran permukaan, dan penegakan aturan penggunaan air dibatasi hanya untuk keperluan rumah tangga dan kelestarian sawah.
7. MEMULAI PROGRAM PENGHIJAUAN PADA LAHAN KOSONG
Penghijauan pada lahan kosong sangat penting untuk menmbah daerah resapan air tanah. Menanam pohon di lahan-lahan yang kosong dapat mencegah banjir, karena mencukupi daerah penyerapan air Penghijauan lain juga di terapkan pemerintah seperti penghijauan jalan tol
8. PENGGUNAAN TEKNOLOGI BIOGAS GUNA MENGURANGI RESIKO POLUSI SUNGAI DAN SUMBER AIR OLEH KEGIATAN PETERNAKAN
Penghijauan pada lahan kosong sangat penting untuk menmbah daerah resapan air tanah. Seperti urban farming di Jakata. Urban farming kini bukan sekedar gagasan, tapi sudah terwujud dalam bentuk kegiatan menanam di lahan kosong. Walaupun lahan yang dimanfaatkan sangat terbatas, gagasan ini sepertinya memberikan alternatife untuk memanfaatkan semaksimal mungkin tanah kosong.



9. MENDAUR ULANG LIMBAH ATAU DI SEBUT JUGA AQUA INDUSTRIAL WATER TREATMENT

Bekerjasama dengan Pemerintah Belanda dan AQUA Industrial Water Treatment, FFI mengoprasikan sistem daur ulang air pertama di Asia yang mengolah hasil olahan air limbah ramah lingkungan lingkungan menjadi air layak konsumsi. Peresmian sistem daur ulang yang bernama Curieau ini dilakukan oleh Duta Besar Blanda untuk Indonesia, Dr. Nikolaos van Dam. Disaksikan pula oleh walikota Jakara Timur, Drs, H. Murdhani, MH, Ketua Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Drs. Peni Susanti
10. MENEGAKAN KEGIATAN TANAM 1000 POHON
Jakarta sebagai Ibukota yang tingkat pencemaran udaranya sudah tinggi sangat mengharapkan adanya penambahan taman kota sehingga hijaunya dedaunan bisa dinikmati warganya yang merindukan taman sebagai paru-paru kota. masyarakat dari berbagai profesi peduli kepada gerakan penanaman pohon untuk mewujudkan Indonesia hijau. Kampanye damai mewujudkan Indonesia hijau dan lestari berkelanjutan dengan menanam serta memelihara 1000 pohon oleh elemen masyarakat dalam mensikapi dampak kelangkaan sumber air bersih.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Lokasi strategis, tetapi mobil tankinya bikin rusak jalan didepan lokasi depotnya. Tolong pengelola bisa lebih bertangungjawab.


Iwan Kristiono

Local Guide - Tingkat 6