✅ SUKABUMI

 

Supplierairbersih.com - Kekayaan alam di Indonesia semestinya tak membuat kita merasa kekurangan dari segi sumber daya. Untuk air bersih, misalnya, masyarakat dapat mengandalkan sumber mata air yang tersebar di sejumlah pegunungan. Bahkan beberapa perusahaan air minum mengambil suplai mereka dari alam karena debit airnya yang melimpah setiap tahun.

Salah satu kawasan yang dikenal sebagai surga sumber mata air adalah Sukabumi di Jawa Barat. Lokasinya yang berada di kaki Gunung Gede Pangrango (atau Gunung Gede) menjadi faktor kuat yang membuat tempat tersebut jarang kekurangan pasokan air minum. Namun, hal tersebut rupanya tak membebaskan Sukabumi dari krisis air bersih, terutama saat masyarakat dan pihak-pihak tertentu kurang memperhatikan lingkungan.

Berdasarkan data dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, setiap tahunnya kawasan Gunung Gede Pangrango mampu menghasilkan sekitar 230 ribu m3 air. Hal tersebut menjadikannya sebagai sumber air terbesar di Jawa Barat dan tentunya memudahkan suplai air bersih bagi warga Sukabumi. Bahkan wilayah lain seperti Bogor, Cianjur, hingga Jakarta mengandalkan air dari Gunung Gede Pangrango yang dialirkan melalui sungai-sungai di sekitarnya.

Sayangnya, ekosistem yang terganggu dengan penumpukan sampah dan eksploitasi perusahaan-perusahaan air minum menyebabkan penyusutan pasokan air di Sukabumi. Pada 2019, Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Bumi Wibawa (PDAM-TBW) Sukabumi melaporkan tiga sumber mata air baku di area kabupaten mengalami pengurangan suplai air. Pada saat itu, penyusutan mencapai 60%, bahkan lebih saat musim kemarau.

Abdul Kholik, Direktur PDAM-TBW Sukabumi, seperti yang disitat Neraca, mengatakan tiga sumber mata air yang mengalami penyusutan pada musim kemarau adalah Cinumpang, Batukarut Sukaraja, dan Cigadog. Masing-masing sumber mata air susut dari 250 liter per detik menjadi kurang dari 150 liter per detik; 150 liter per detik menjadi 53 liter per detik; 50 liter per detik menjadi 26 liter per detik. 

Untuk menyiasatinya, PDAM-TBW Sukabumi terpaksa melakukan penggiliran distribusi air agar masyarakat tetap bisa mendapatkan air bersih. Mereka pun mengirimkan surat kepada pemerintah pusat, provinsi, dan Bappeda agar dilakukan studi kelayakan air baku. Tujuannya adalah membuat desain baru untuk melancarkan distribusi air bersih, terutama untuk musim kemarau.

Krisis berkelanjutan di musim kemarau

Berkurangnya pasokan air bersih di musim kemarau bukanlah masalah yang dapat diatasi begitu saja. Kendati pemerintah pusat dan daerah terus memberikan solusi dan bantuan, krisis tersebut kenyataannya terus muncul setiap tahun di Sukabumi.

Dilansir dari Air Kami, warga Kecamatan Sukalarang dan Cikembar mengalami krisi air bersih pada musim kemarau di tahun 2021. Demi memperoleh air bersih, mereka harus menyusuri jalan sejauh ratusan meter dengan melewati jalan terjal nan licin dan perkebunan. Hal ini disebabkan sumber mata airnya yang berada di serapan akar pohon. Selain itu, warga juga harus rela mengantre demi mengambil air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Kondisi tersebut semakin parah mendekati pertengahan 2021, sebab krisis merembet hingga ke wilayah lain seperti Desa Titisan dan berdampak pada 65% warga. Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sukabumi pun lantas segera mengatasinya dengan mengirimkan air bersih.

Anita Mulyani, sekretaris BPBD Kabupaten Sukabumi, menyatakan bahwa krisis air bersih sudah menjadi peristiwa tahunan selama musim kemarau. Setidaknya ada 12 kecamatan di Kabupaten Sukabumi yang mengalami fenomena tersebut. Beberapa di antaranya adalah Pelabuhan Ratu, Cisaat, Ciemas, Gegerbitung, Gunungguruh, dan Cisolok. 


Fakta bahwa krisis air bersih telah menjadi peristiwa musiman di Sukabumi sebenarnya sangat mengkhawatirkan. Apalagi, seperti yang telah dibahas, Sukabumi termasuk wilayah dengan sumber mata air terbanyak di Pulau Jawa. Berkurangnya pasokan air bersih pun menjadi sesuatu yang ironis terjadi di sana.

Bergantung pada bantuan pemerintah daerah dan pusat pun tak selamanya menyelesaikan masalah, terutama saat warga masih mengantre saat suplai air bersih dikirimkan. Dalam hal ini, kami sebagai perusahaan dan supplier air bersih menawarkan solusi dengan menyediakan pasokan air minum yang berkualitas sekaligus bersahabat untuk warga di Sukabumi. 

Bukan hanya untuk air minum, air bersih yang kami distribusikan bisa digunakan untuk kepentingan lain. Di antaranya kegiatan operasional industri, cadangan operasional hotel, apartemen, mal, hingga perkantoran. Anda bahkan bisa memakainya untuk mengisi kolam ikan dan kolam renang dengan kapasitas yang bisa disesuaikan kebutuhan, baik lengkap maupun top off

Distribusi air bersih dengan armada truk besar

Kami sadar air bersih merupakan sumber daya yang dibutuhkan masyarakat luas. Terutama di musim kemarau saat sejumlah sumber mata air mengalami penurunan debit air. Oleh karena itu, kami akan selalu memastikan distribusi air bersih berjalan aman sampai tujuan dan tepat waktu.

Untuk mewujudkannya, kamu menggunakan truk tangki berkapasitas 8.000 liter dan beberapa kendaraan dengan daya tampung di atas volume tersebut. Selang sepanjang 20 meter pun kami sediakan untuk mengalirkan air bersih. Jika butuh selang yang lebih panjang, Anda bisa segera hubungi kami untuk menyertakannya pada armada truk tersebut.

Selain itu, kami membekali pompa yang akan mengefisiensikan proses pemuatan dan penurunan truk hingga menjadi 15 menit saja. Anda juga bisa memilih metode pengiriman yang kami sediakan untuk memudahkan proses distribusi ke lokasi tujuan. Khusus untuk pengisian kolam renang, kami bahkan sudah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak pembangun fasilitas tersebut untuk meringankan pekerjaan Anda.

Adapun lima jenis truk tangki yang bisa Anda pilih sesuai kapasitas mencakup:

  • Truk tangki berkapasitas 5.000 liter / 5 m/t / 5 m3
  • Truk tangki berkapasitas 8.000 liter / 8 m/t / 8 m3
  • Truk tangki berkapasitas 16.000 liter / 16 m/t / 16 m3
  • Truk tangki berkapasitas 32.000 liter / 32 m/t / 32 m3
  • Truk tangki berkapasitas 36.000 liter / 36 m/t / 36 m3

Jika Anda membutuhkan sumber mata air untuk industri makanan dan farmasi, kami akan menggunakan truk tangki bermaterial stainless steel dan baja yang sudah menyandang status coating food grade. Dengan begitu, air bersih tak akan mudah terkontaminasi maupun menyebabkan korosi pada tangki yang dipakai secara berkelanjutan.

Pengiriman air bersih ke wilayah Sukabumi

Telah menangani distribusi air bersih sejak 1979, kami tentunya akan memastikan pasokan yang Anda butuhkan tiba dengan selamat selama memahami poin-poin berikut:

  • Harga dapat mengalami perubahan sesuai survei terhadap lokasi pengisian air bersih;
  • Lakukan pemesanan maksimal sehari sebelumnya. Kami akan kirimkan suplai air bersih di malam hari untuk menghindari kemacetan;
  • Cantumkan alamat tujuan sejelas dan sedetail mungkin, termasuk lokasi yang memerlukan pengisian air bersih dan jarak tempuh menuju lokasi;
  • Pembayaran dapat dilakukan saat air bersih tiba di tujuan.
Adapun Daftar Wilayah dan Kecamatan di Kabupaten Sukabumi adalah:

Wilayah Utara:
Kecamatan Cicurug
Kecamatan Cibadak
Kecamatan Kalapanunggal
Kecamatan Parungkuda
Kecamatan Nagrak
Kecamatan Ciambar
Kecamatan Caringin
Kecamatan Cisaat
Kecamatan Cidahu
Kecamatan Kabandungan
Kecamatan Bojonggenteng

Wilayah Tengah:
Kecamatan Jampang Tengah
Kecamatan Surade
Kecamatan Jampang Kulon
Kecamatan Cibitung
Kecamatan Waluran
Dan lain-lain

Wilayah Selatan:
Kecamatan Cisolok
Kecamatan Ujung Genteng
Kecamatan Palabuhanratu
Dan lain-lain

 jual air bersih sukabumi, jual air minum sukabumi, jual air minum kemasan galon sukabumi, jual air galon sukabumi, jual air tangki sukabumi, jual air gunung sukabumi, harga air gunung sukabumi, harga air bersih 1 tangki sukabumi, harga air pegunungan sukabumi pertangki, air pegunungan sukabumi untuk isi ulang, supplier air pegunungan sukabumi, jual air gunung salak sukabumi, harga air gunung 8000 liter di sukabumi, supplier air minum isi ulang di sukabumi, jual air isi ulang sukabumi, jual air bersih pegunungan sukabumi, depot air minum sukabumipembuatan air minum dalam kemasan sukabumijual air gunung sukabumijual air bersih pegunungan sukabumiair gunung salak sukabumisupplier air bersih dan air gunung sukabumidaftar harga supplier air bersih sukabumisupplier air pegunungan sukabumi, harga air bersih per tangki sukabumiharga air gunung sukabumijual air minum sukabumijual air minum kemasan sukabumiharga air minum sukabumiair minum isi ulang galon sukabumijual air kolam renang sukabumi. jual air minum isi ulang galon, supplier air minum isi ulang galon, jasa air minum isi ulang galon, refill air minum isi ulang galon, Air Isi Ulang Reverse Osmosis, Merk Mesin Air Isi Ulang Fujiro, Merk Mesin Air Isi Ulang Inviro, paket mesin air Mineral, RO, Bio Energy, Hexagonal Alkali, Merk Mesin Air Isi Ulang Globalindo, Merk Mesin Air Isi Ulang Globalindo, Merk Mesin Air Isi Ulang Aqualux, Merk Mesin Air Isi Ulang Global Water, Okta Water Treatment, Merk Mesin Air Isi Ulang AIRQU, Merk Mesin Air Isi Ulang Mizuchi, Merk Mesin Air Isi Ulang Oriental Water, Merk Mesin Air Isi Ulang biru, galon air mineral, Air Mineral Galon, Air mineral Aqua, Air mineral Vit, Air mineral Amidis, Air mineral Eternal Plus+, Air mineral Nestle, Air mineral Ades, Air mineral Pristine,  Air mineral Le Minerale, Air mineral Cleo, Air mineral Total 8+, Air mineral Club, air mineral Equil, Evian Air mineral impor, Super O2 Oxygenated Drinking Water, air mineral Crystalline,  Air Mineral OK OCE

Tidak ada komentar:
Write komentar

Lokasi strategis, tetapi mobil tankinya bikin rusak jalan didepan lokasi depotnya. Tolong pengelola bisa lebih bertangungjawab.


Iwan Kristiono

Local Guide - Tingkat 6