X

Follow Me!

Show your Support. Become a FAN!

Contact Us


Hasil Uji Laboratorium & Jenis-jenis Sumber Air

 


Sertifikasi Air Minum




  Supplier Air Bersih berkualitas dan Air Minum Dalam Kemasan AMDK. Untuk Wilayah Bogor, Jakarta, Depok,Tangerang, Bekasi. 



Terdapat beberapa perusahan yang berasal dari perusahaan dengan skala kecil sampai dengan perusahan dengan skala besar begerak dalam bidang supplier air minum.

Air minum sudah menjadi salah satu kebutuhan manusia yang sangat penting, apalagi sekarang banyak orang yang gemar melakukan kegiatan yang berhubungan dengan gaya hidup yang sehat, baik itu berenang atau  mengkonsumsi air minum secara rutin setiap harinya. Karena alasan inilah muncul banyak sekali perusahan air minum. Apalagi untuk mencari air minum yang sehat bisa anda dapatkan dengan cara yang mudah.
Sekarang ini mengkonsumsi air minum sudah menjadi hal yang menjadi kebutuhan setiap orang, namun walaupun begitu anda harus berhati-hati dalam memilih supplier air minum. Banyaknya perusahaan ini harus membuat anda lebih selektif dalam memilih. Karena hal ini sangat berkaitan dan memberikan pengaruh penting bagi kesehatan anda. 

Jangan asal memilih perusahaan supplier air minum. Kesehatanlah yang menjadi taruhannya, dan jangan langsung tergiur bila terdapat promo-promo harga yang menawarkan air minum dengan harga yang murah. Nah ini yang harus membuat anda berhati-hati, jangan langsung tertarik dengan supplier air minum dengan harga yang murah tanpa terlebih dahulu anda tahu kualitas dari air minum tersebut. Anda wajib untuk tetap berhati-hati.
Memilih Supplier Air Minum Yang Aman Dan Terpercaya

Pilihlah supplier air minum yang aman dan terpercaya :

Supplier Yang Kredibel

Sekarang ini banyak suplier air minum yang menawarkan berbagai macam hal. Tentunya dengan banyak penawaran contohnya seperti harga yang lebih murah, kualitas air yang lebih bagus dan sebagainya. Akan tetapi tidak semua supplier air minum bisa dipercaya. Anda harus memastikan untuk memeriksa kredibilitas supplier air minum sebelum anda membelinya. Pastikan juga kemudahan untuk menghubungi supplier yang anda pilih sebagai penyedia air minum. Supplier yang dapat dipercaya biasanya dapat dilihat dengan banyaknya konsumen yang telah menggunakan jasanya untuk memenuhi kebutuhan akan air minum. Supplier terpercaya juga mudah untuk dihubungi saat ingin melakukan pembelian, serta supplier terpercaya juga akan selalu ada untuk membantu masalah atau keluhan anda dalam mendapatkan air minum dengan kualitas baik yang menjadi kebutuhan banyak orang.

Spesifikasi Air Minumnya

Supplier air minum terbaik hanya dapat anda dapatkan bila spesifikasinya tepat sesuai dengan yang anda butuhkan. Anda harus tahu, kualitas dari sumber air atau bahan baku lainnya yang digunakan dalam air minum ini, jadi anda membutuhkan spesifikasi tentang air minum tersebut.
Bila kualitas air minum yang ada di supplier air minum itu berasal dari air pegunungan, dapat dikatakan bila kualitas air pegunungan yang dimiliki oleh perusahaan ini, itu berasal dari sumber air yang dapat dipercaya kualitasnya, karena memang sudah banyak di kenal bahwa air dari pegunungan sebagai sumber mata air yang banyak digunakan untuk keperluan industri karena mempunyai kualitas air yang bagus dan juga mempunyai banyak sekali  kandungan mineral. Selain dari sumber airnya, air minum dengan kualitas baik memiliki TDS air yang rendah, serta Standar pH air yang tinggi yaitu pH 7.
Untuk selanjutnya cobalah perhatikan dengan teliti penampilan fisik dari air minum tersebut. Kualitas air yang baik bila airnya tidak berwarna, dan juga tidak terdapat benda asing di dalamnya. Yang tidak kalah penting, perhatikan apakah terdapat lendir didalam air minum tersebut. Adanya lendir mengindikasikan nilai air tersebut telah tercemar.
Untuk mengetahui kualitas air yang dimiliki oleh supplier ini anda tidak dapat hanya menebak kualitas sumber air dengan hanya melihat menggunakan mata. Bila dibutuhkan anda bisa melakukan uji terhadap kandungan air.  Akan lebih baik lagi bila air minum tidak menggunakan bahan pengawet, pewarna, dan juga gula buatan. Sehingga selain dapat menghilangkan dahaga, produk tersebut juga baik untuk kesehatan tentunya.

Harga 
Saat membicarakan masalah harga, maka akan terdapat kualitas yang nyata dari air minum tersebut. Untuk masalah harga biasanya semakin baik kualitas air, maka akan semakin mahal pula harga yang harus anda bayar. Walaupun begitu, sangat dianjurkan untuk melakukan survei pada harga terlebih dahulu. Bisa jadi supplier yang anda pilih malah menipu anda dengan harga air yang mahal namun kualitasnya sangat rendah. Gali informasi harga air minum sebanyak mungkin dengan berbagai spesifikasi yang ada. Namun juga tidak jarang supplier yang melakukan pekerjaannya dengan jujur, ada yang menawarkan dengan harga murah, tetapi perusahaan supplier tetap mempertahankan kualitas air minumnya. Maka dari itu jangan langsung ambil tindakan, tapi cermati dan lebih teliti lagi.

Memiliki Kuantitas Atau Jumlah Armada Yang Banyak
Supplier air minum yang tepat dan terpercaya salah satu buktinya dapat dilihat adalah dari jumlah armada pengangkut air yang besar dan banyak. Anda dapat melihat apakah supplier air minum yang telah anda pilih melakukan penambahan terhadap jumlah armada. Biasanya supplier yang sudah sangat bagus akan menambah jumlah armadanya bahkan sampai puluhan unit armada. Armada yang dimiliki oleh perusahaan air minum tersebut juga harus memperhatikan kelayakan armadanya,
 dimana armada yang sekarang ini merupakan armada yang masih baru atau bukan armada-armada keluarkan tahun lama. Karena armada yang baik bisa menunjang kecepatan dan juga ketepatan waktu pemesanan sampai tempat yang terjauh. Yang pasti supplier air minum menyediakan pemesanan yang cepat atau istilahnya Fast Delivery. Pemesanan air akan datang tepat pada waktunya.

Telah Memiliki Sertifikat Lengkap
Terdapat hal yang penting untuk membuktikan tempat ini menjadi tempat yang layak untuk dipilih, bila perusahaan supplier air minum tersebut sudah memenuhi persyaratan standar layak konsumsi, sertifikat lengkap mulai dari COA sampai dengan SNI serta terdaftar sebagai anggota (APDAMINDO)
Dengan adanya sertifikat  telah membuktikan bahwa air minum di perusahaan itu sangat layak untuk dikonsumsi. Karena perusahaan ini sudah terbukti sangat dipercaya dengan berbagai bukti yang ada, ditambah lagi bila perusahaan supplier air minum ini telah banyak dijadikan sebagai salah satu supplier air yang telah dipercaya oleh banyak perusahaan besar maupun start up untuk menjadi vendor dalam melakukan pengadaan produk air minum.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih supplier air minum. Mulai dari memilih supplier air minum yang kredibel, melihat harga, dan juga telah tersertifikasi produk yang dijualnya.

 Air terbagi beberapa jenis, yang membedakan jenis air tersebut adalah dari mana asal air tersebut diambil:

1. Air Gunung
Air Gunung sumbernya dari mata air pegunungan dari kaki gunung, aman dari bakteri, mengandung oksigen yang cukup, mendapat sinar matahari langsung, terhindar dari bahan kimia, terbebas dari limbah pabrik, apabila kita benar-benar ingin minum air yang kualitasnya semupurna, maka hanya terdapat pada mata air pegunungan. Air jenis ini cocok untuk dipakai: industri farmasi, industri makanan, industri kimia yang membutuhkan kadar air tertentu, air minum atau depot air minum isi ulang, untuk kebutuhan MCK dll.

2. Air Demineral

Air demineral adalah air kosong yang tidak mengandung mineralAir jenis ini diperoleh melalui proses pemurnian seperti destilasi (pemisahan zat-zat kimia), deionisasi (menetralisasi ion positif dan negatif), reverse osmosis (pemurnian), dibuat untuk kebutuhan industry seperti air keperluan laboratorium, air aki (accu) dan air pendingin radiator, bukan untuk dikonsumsi manusia.

3. Air Sumur 
Air sumur sumbernya air yang di ambil dari sumur di sekitar kita, kurang terjamin higienisnya. Hal ini disebabkan letak sumur yang kadang-kadang terlalu dekat dengan sumber pencemaraan seperti septic tank, buangan limbah, dan sebagainya. Sehingga air sumur kita ada kemungkinan tercemar.

4. Air PDAM
Air PDAM sumbernya dari PAM yang diolah dari air danau, atau waduk, atau setu, atau empang, air jenis ini biasanya agak berbau kaporit atau
Kalsium hipoklorit yaitu padatan putih yang siap didekomposisi di dalam air untuk kemudian melepaskan oksigen dan klorin. Kalsium hipoklorit memiliki aroma klorin yang kuat, Kalsium hipoklorit utamanya digunakan sebagai agen pemutih atau disinfektan. Senyawa ini adalah komponen yang digunakan dalam pemutih komersial, larutan pembersih, dan disinfektan. Air jenis ini bisa untuk dipakai operasional hotel, mall, kapal laut, kapal udara dll.

5. Air Olahan
Air jenis ini diolah dari air sungai atau air kotor dimana air tersebut mudah didapatkan, air jenis ini seperti yang pernah terjadi dalam beberapa kasus air diambil dari sungai yang ada di Kalimalang, Bekasi. Ditampung lalu diberi bahan kimia berupa kaporit, soda api, tawas, ANP, dan anti foam.
Baca juga
Air jenis ini sangat berbahaya jika di konsumsi atau di buat mandi karna dapat menyebabkan diare dan iritasi kulit, sering terjadi beberapa kasus kepada pelanggan yang memerlukan air dengan harga murah tanpa memperhatikan kualitas. Air jenis ini biasanya digunakan untuk pembangunan proyek jalan tol, setelah dibuat es sebagai pendingin mesin pabrik, dll. 


HASIL PENGUJIAN LABORATORIUM SUMBER AIR DI TEMPAT KAMI 
HASIL ANALISA KUALITAS AIR
PARAMETER
SATUAN
BATAS MAKSIMUM YANG DIPERBOLEHKAN*)
METODE
HASIL ANALISA
I
Kimia Organik
1. Arsen **)
mg/l
0,01
Merckoquant
< 0.005
2. Flourida **)
mg/l
1,5
Spektrofotometri
< 0.10
3. Total Kromium **)
mg/l
0,05
Spektrofotometri
0,03
4. Kadmium **)
mg/l
0,003
Spektrofotometri
0,001
5. Nitrit (sebagai NO₂)
mg/l
3
Spektrofotometri
0,020
6. Nitrat (sebagai NO₃)
mg/l
50
Spektrofotometri
0,44
7. Sianida **)
mg/l
0,07
Spektrofotometri
0,001
ll    a.
Parameter Fisik
1. Bau
-
TB
-
TB
2. Warna
TCU
15
Spektrofotometri
0
3. TDS
mg/l
500
SNI 05-6989.27-2005
226
4. Kekeruhan
NTU
5
SNI 05-6989.25-2005
0,38
5. Rasa
-
TBr
-
TBr
6. Suhu
°C
±3°C
SNI 05-6989.23-2005
26,5
      b.
Parameter Kimiawi
1. Alumunium **)
mg/l
0,2
Spektrofotometri
< 0.05
2. Besi
mg/l
0,3
Spektrofotometri
0,003
3. Kesadahan
mg/l
500
SNI 05-6989.12-2004
41,60
4. Khlorida
mg/l
250
SNI 05-6989.19-2009
8,68
5. Mangan
mg/l
0,4
Spektrofotometri
0,000
6. pH
6,5 - 8,5
SNI 06-6989.11-2004
6,84
7. Seng **)
mg/l
3
Spektrofotometri
0,95
8. Sulfat
mg/l
250
Spektrofotometri
0
9. Tembaga **)
mg/l
2
Spektrofotometri
< 0.05
10. Amonia
mg/l
1,5
Spektrofotometri
0,00
lll
Parameter Tambahan
1. Angka Pemanganat
mg/l
10
SNI 06-6989.22-2004
< 0.17
2. Sisa Chlor
mg/l
Minimal 0,20
Colorimetri
0,52
Keterangan:
TB: Tidak berbau
TBr: Tidak berasa
*) : Permenkes RI No. 492/Menkes/Per?IV/2010 (Persyaratan Kualitas Air Minum)
**) : Pemeriksaan dilakukan oleh UPT Labkesda Kabupaten Bogor
Kualitas air memiliki standar dalam penggunaannya, standar ini membantu manusia untuk menentukan kelayakan konsumsi air yang tersedia. Untuk menguji kualitas air, misalnya kondisi kekeruhan, warna serta bau bisa segera dideteksi dengan panca indera.
 Air adalah bagian yang sangat penting bagi kehidupan, dalam menopang kehidupan manusia di bumi. Ketersediaan air bersih dalam lingkungan manusia sangat berarti karena membutuhkannya untuk dikonsumsi.

Kualitas air memiliki standar dalam penggunaannya, standar ini membantu manusia untuk menentukan kelayakan konsumsi air yang tersedia. Untuk menguji kualitas air, misalnya kondisi kekeruhan, warna serta bau bisa segera diseteksi dengan panca indera.

Tetapi air yang tampak jernih serta tidak berbau belum pasti aman untuk dipakai dan diminum. Oleh sebab itu butuh diuji kualitasnya apakah mencukupi syarat kesehatan atau tidak.

Kajian kualitas air bisa dikerjakan di laboratorium ataupun dilakukan dengan cara sederhana. Kontrol di laboratorium dapat membuahkan data yang lengkap serta berbentuk kuantitatif, namun biayanya cukup mahal.

Anda pun bisa melakukan kajian atau analisis secara sederhana di rumah untuk menguji kandungan kimia dalam air, dengan cara sebagai berikut: 
1. Setengah gelas air yang akan diperiksa dicampurkan dengan segelas air teh.
2. Selanjutnya didiamkan dalam keadaan terbuka hingga satu malam
3. Periksalah apakah ada perubahan warna, lendir dan lapisan seperti minyak di permukaan.

Perhatikan perubahan warna air teh. Semakin cepat perubahan yang terjadi pada air teh menunjukkan semakin tinggi kandungan kimiawi air tersebut. Bila perubahannya lambat atau baru berubah setelah pengamatan satu malam, hal tersebut berarti kandungan kimiawinya lebih sedikit, namun tetap air itu kurang baik dikonsumsi, seperti diminum atau digunakan untuk olahan makanan. Hanya saja, air tersebut masih dapat digunakan untuk keperluan lain, kecuali untuk dikonsumsi.

Air yang mengandung tingkat kesadahan dan kandungan logam tinggi dapat terlihat bila air teh berubah menjadi hitam, ungu atau biru. Bila air tetap berwarna seperti air teh, maka secara kimia kualitas air itu baik.

Untuk lebih meyakinkan lagi, Anda pun bisa melakukan pengujian air secara biologis, yaitu: 
1. Air yang diuji dimasukkan ke dalam gelas kemudian ditutup.
2. Air tersebut dibiarkan sampai lima hari
3. Setelah lima hari air diperiksa. Apabila terdapat perubahan warna atau gumpalan warna (putih, hitam atau hijau), maka air tersebut kurang baik secara biologis (mengandung mikroorganisme atau bakteri berbahaya).

Air yang baik akan tetap jernih meskipun disimpan selama 5 hari. Semakin cepat terjadinya perubahan warna atau gumpalan pada air yang diperiksa menunjukkan semakin tinggi kadar mikroorganisme yang dikandungnya.

Memeriksa kondisi atau kualitas air yang dikonsumsi sangatlah penting, karena setiap hari manusia membutuhkan air bersih untuk dikonsumsi.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Lokasi strategis, tetapi mobil tankinya bikin rusak jalan didepan lokasi depotnya. Tolong pengelola bisa lebih bertangungjawab.


Iwan Kristiono

Local Guide - Tingkat 6