Air kolam renang bening jernih non kaporit no chlorine langsung dari sumber mata air

 

 Ini Pentingnya Isi Ulang Air Kolam Renang dan Kolam Ikan
Punya kolam renang atau kolam ikan di rumah? Meski kedua fasilitas ini punya fungsi berbeda, ada satu kesamaan yang pasti langsung Anda kenali: air. Di kolam ikan, air berperan sebagai salah satu sumber kehidupan ikan yang Anda pelihara atau budidaya. Sementara di kolam renang, air yang membantu Anda melakukan berbagai gerakan yang menyehatkan tubuh.
Namun, pernahkah Anda mempertimbangkan refill air kolam renang atau kolam ikan? Jangan salah, pengisian ulang air bukan hanya berlaku untuk galon air minum. Penggunaan air dalam volume lebih besar dan berkelanjutan butuh treatment yang sama, bahkan harus lebih diperhatikan. Mengapa demikian? Cek alasannya berikut ini!

Mengapa Anda harus isi ulang air kolam?
Walau umum dijumpai, isi ulang air kolam renang dan ikan lebih sering dilakukan di tahap awal. Padahal, biaya yang Anda keluarkan untuk refill berkala lebih terjangkau dibandingkan membuat atau merenovasinya. Selain itu, ada beberapa alasan yang bisa dipertimbangkan kalau Anda masih ragu buat isi ulang sesuai kondisi berikut ini:
Kolam baru
Salah satu alasan sebagian besar pemilik kolam melakukan refill air di masa pembentukan kolam adalah mengenali konstruksinya. Dalam tahap ini, Anda harus tahu dan memutuskan bagaimana pengisian air kolam renang dilakukan. Pasalnya, ada sejumlah faktor yang mempengaruhi metode mana yang pada akhirnya dipilih.  
Faktor-faktor tersebut mencakup tempat tinggal, jenis air yang digunakan atau dikonsumsi, biaya pemakaian air sesuai wilayah, dan kerangka waktu penyelesaian kolam. Kalau tak dipikirkan secara matang, Anda bakal kesulitan menentukan cara refill dan penjadwalannya.
Kolam lama/tak bisa diobati
Tak sedikit pemilik kolam meninggalkan air tanpa perawatan apalagi pengisian ulang. Akibatnya, air berubah warna menjadi hijau gara-gara ditinggali alga. Bagaimana kalau sampai kolam renang atau ikan tak bisa diolah atau direstorasi? Untungnya, masih ada pengeringan dan pengisian ulang kolam yang dapat menjadi solusi ideal.
Biaya yang Anda keluarkan untuk menggunakan jasa isi air kolam renang atau ikan pada kondisi ini memang lebih mahal, tetapi itu adalah konsekuensi yang harus dibayar. Maka dari itu, setelah refill selesai dilakukan, Anda harus jadwalkan pengisian ulang secara berkala. 
Bagaimana cara isi ulang air kolam yang tepat?
Pengisian air kolam dapat Anda lakukan sendiri atau meminta bantuan penyedia jasa. Namun, alangkah baiknya Anda mengetahui langkah-langkahnya untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan dan mengharuskan Anda mengganti air secara mendadak.
Ganti air di kolam renang
Untuk kolam renang, ikuti langkah-langkah berikut:
Siapkan peralatan yang diperlukan
Ada sejumlah alat yang harus Anda siapkan setelah pesan stok dari agen jual air kolam renang. Di antaranya submersible sump pump (pompa bawah air) dan selang yang panjangnya bisa disesuaikan dengan jarak kolam renang. Kemudian, pastikan Anda tahu ke mana air akan dibuang untuk memudahkan langkah selanjutnya.
Lakukan penyedotan air kolam renang
Sudah menyiapkan tempat pembuangan air? Teruskan dengan memasang pompa dan salurkan selang ke pembuangan tersebut. Nyalakan pompa dan biarkan alat melakukan tugasnya. Akan tetapi, Anda tetap harus mengawasi proses. Jika diperlukan, lakukan penyemprotan pada dinding kolam menggunakan air bertekanan tinggi agar beban pembersihan lebih ringan.
Bersihkan kolam renang
Tahap ini kadang menguras tenaga, tetapi dibutuhkan supaya supplier air kolam renang cepat mengisi kolam. Untuk memulainya, buang semua kotoran yang tertinggal di kolam, lalu bersihkan cincin kerak air atau kalsium dengan pembersih khusus. Selanjutnya, aplikasikan produk untuk mencegah munculnya kerak. Jika memungkinkan, cuci kolam dengan asam.
Isi kolam dengan air baru yang bersih
Begitu tahap-tahap di atas selesai dilakukan, sekarang Anda bisa teruskan dengan mengisi kolam renang memakai air baru yang bersih. Lakukan langkah ini sampai air mencapai tingkat elevasi yang diinginkan. Diamkan beberapa jam sampai air mengendap sempurna. Baru setelah itu masukkan bahan kimia khusus sesuai tingkat pH untuk mencegah masalah pada kulit maupun air.
Ganti air di kolam ikan
Pemilik kolam ikan, terutama kalau Anda punya usaha budidaya, wajib mengganti air dengan menyuplai dari jual air kolam ikan. Bukan hanya bertujuan menjaga kesehatan dan kualitas ikan, pemeliharaan ini dapat menekan biaya operasional yang bisa membengkak kalau Anda sering mengabaikan pembersihan kolam.
Penggantian air kolam ikan sebenarnya mudah, hanya saja Anda harus perhatikan jenis ikan yang dipelihara atau dikembangbiakkan. Namun, sebagian besar langkahnya sama, sehingga bisa Anda ikuti berikut ini:
Cek kondisi ikan
Periksa kesehatan ikan paling tidak 12-24 jam sebelum Anda ganti air. Apakah ada ikan yang cenderung pasif atau menunjukkan gelagat aneh? Jika tak ada yang mencurigakan, Anda dapat siapkan peralatan dan air baru yang sudah dibeli dari supplier air kolam ikan. Minta bantuan kalau ukuran kolamnya besar.
Buka saluran pembuangan
Langkah ini berlaku untuk kolam ikan yang menggunakan pintu saluran pembuangan. Membukanya akan memudahkan proses pengeluaran air. Perhatikan sampai air kolam menyusut setengahnya, lalu tutup pintu. Pastikan juga air tadi mengalir dari bagian dasar kolam, sebab pada bagian inilah kualitas air sangat buruk, bahkan mengganggu kesehatan ikan.
Masukkan air dari pintu masuk
Setelah melakukan tahap di atas, ikan-ikan akan tampak lebih padat. Namun, jangan biarkan terlalu lama sebelum mereka kesulitan bernapas. Masukkan air dari pintu masuk secara perlahan sampai mencapai ketinggian semula, sama seperti saat Anda refill pada kolam renang air PAM air PDAM. Hanya saja debitnya jangan terlalu besar karena akan mengganggu kenyamanan ikan.
Simak juga tips ini untuk menjaga kualitas air kolam dan kondisi ikan:
Supaya ikan tak terbawa arus, pasang jaring atau saringan pada pintu pembuangan. Akan lebih baik kalau Anda punya kolam khusus untuk memindahkan ikan sementara sambil menunggu pengisian air berlangsung;
Penggantian air untuk kolam ikan sebaiknya Anda lakukan dua minggu sekali sebanyak 50% dari total ketinggian kolam;
Pada jenis ikan tertentu, misalnya lele, Anda harus memuasakan ikan minimal 12 jam sebelum penggantian air dilakukan. Setelah dikembalikan ke kolam pun ikan tak boleh diberi makan dulu selama 1x24 jam untuk mencegah stres pada hewan tersebut.
Itulah pentingnya isi ulang air pada kolam ikan atau kolam renang air pegunungan beserta cara menggantinya. Menemukan supplier yang menyediakan air bersih baru untuk kebutuhan ini sangat mudah, malah bisa Anda cari lewat media sosial atau website
Untuk menemukan supplier terpercaya, pastikan mereka sudah berpengalaman di bidangnya dan menyediakan fasilitas yang memudahkan pengantaran air. Misalnya mobil truk tangki air kolam renang atau kolam ikan dan produk yang mengoptimalkan pemakaian air. Dengan begitu, kolam air Anda tetap bersih dan jauh dari masalah.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Lokasi strategis, tetapi mobil tankinya bikin rusak jalan didepan lokasi depotnya. Tolong pengelola bisa lebih bertangungjawab.


Iwan Kristiono

Local Guide - Tingkat 6