X

Follow Me!

Show your Support. Become a FAN!

Contact Us


Fenomena Air Minum Dalam Kemasan

 



Ketidakseimbangan antara supply dengan demand air minum sehat yang layak dikonsumsi serta kebutuhan manusia pada kepraktisan melahirkan apa yang populer disebut dengan air minum dalam kemasan (AMDK). Baik itu dalam kemasan gelas, botol, maupun galon.
Air minum dalam kemasan (AMDK) adalah air minum yang diproduksi dengan proses pengolahan tertentu dan dikemas dengan cara tertentu pula yang sesuai dengan standar kesehatan yang ditetapkan. Produsen AMDK banyak mengklaim bahwa sumber AMDK mereka berasal dari mata air pegunungan, terutama dari mata air pegunungan vulkanik, karena dianggap sebagai sumber mata air terbaik.
Menurut situs resmi Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), air minum dalam kemasan memiliki ketentuan tersendiri.  AMDK harus memenuhi standar yang telah ditetapkan sesuai dengan SNI 01-3553-2006, untuk bisa dikategorikan sebagai air kemasan yang aman dikonsumsi.
Bagi masyarakat yang terbiasa mengkonsumsi air minum dalam kemasan, tak ada salahnya memeriksa label yang tertera. Sebab, label berfungsi memberikan informasi kepada konsumen tentang produk yang dikonsumsi serta keamanan dari produk tersebut. Setiap produk kemasan wajib mencantumkan label, termasuk air minum dalam kemasan ini.
Menurut Kepmenperindag Nomor 705/MPP/Kep/11/2003 tentang Persyaratan Teknis Industri AMDK dan Perdagangannya, pasal 10, pada label wajib dicantumkan informasi minimal antara lain:
-        Nama produk
-        Nama merek dagang
-        Nama produsen atau importir
-        Alamat produsen atau importir (minimal PO Box)
-        Volume netto yang dinyatakan dalam sistem matrik
-        Nomor pendaftaran dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (MD/ML)
-        Bulan dan tahun kadaluarsa
-        Tanda SNI dan kode produksi.
Akhirnya,  ketersediaan dan keberlanjutan sumber daya air sangatlah penting. Mata air pegunungan sebagai sumber air minum sehat perlu dijaga agar kita dapat menikmati dan mewariskan air minum dengan kualitas terbaik untuk generasi berikutnya.
Sekali lagi air adalah sumber kehidupan. Dan kehidupan yang terbaik memerlukan kualitas air minum dari sumber yang terbaik pula.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Lokasi strategis, tetapi mobil tankinya bikin rusak jalan didepan lokasi depotnya. Tolong pengelola bisa lebih bertangungjawab.


Iwan Kristiono

Local Guide - Tingkat 6